Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Buru Selatan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Sukamara: Jangan Bangun Tambak Kalau Tidak Disertai Pengelolaan Lingkungan

  • Oleh Norhasanah
  • 08 Maret 2021 - 18:05 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Bupati Sukamara, Windu Subagio mengingatkan kepada pelaku tambak agar memperhatikan lingkungan, sehingga budidaya yang dikembangkan di Kecamatan Pantai Lunci bisa terus berkelanjutan.

"Saat ini kita sedang mengembangkan budidaya ikan atau udang dipantai, supaya sistem berkelanjutan, maka tidak ada pilihan lain kecuali menjaga lingkungan," kata Windu, Senin, 8 Maret 2021.

Menurutnya, apabila lingkungan tidak dijaga mulai dari sekarang, maka dipastikan budidaya tersebut akan terhenti karena kerusakan lingkungan yang disebabkan tidak adanya pengelolaan air limbah yang benar.

"Kalau tidak menjaga, kita tunggu waktunya saja, budidaya kita tidak akan berkepanjangan," ujarnya.

"Jadi saya menekankan, tolong disampaikan kepada pelaku-pelaku yang akan membangun tambak, tidak usah membangun tambak, tidak usah budidaya kalau tidak disertai IPAL atau instalasi pengolahan air limbahnya," tegasnya.

Karena apabila pelaku usaha abai terhadap air limbah yang dihasilkan dari budidaya, maka hal tersebut akan menjadi ancaman dikemudian harinya. Selain itu, untuk menjaga lingkungan, Pemkab Sukamara juga terus melakukan penaman mangrove yang ada diwilayah pesisir.

"Kemarin kita juga sudah melakukan penanaman mangrove. Mangrove ini selain untuk mengatasi abrasi juga memperbaiki unsur kimia yang ada di air," tutup Windu Subagio. (NORHASANAH/B-5)

Berita Terbaru