Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mojokerto Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketua TP PKK Kalteng Ingatkan Peran Ibu Menumbuhkan Budaya Membaca

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 08 Maret 2021 - 18:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kalteng Ivo Sugianto Sabran mengingatkan peran krusial sosok ibu dalam menumbuhkan budaya membaca ke anak- anaknya.

“Ibu memiliki peran penting dan strategis sebagai agen perubahan dalam melakukan sosialisasi dan menumbuhkan budaya gemar membaca dan literasi, terutama kepada anak-anak, mulai sejak dini,” sebut Ivo, Senin.

Menurutnya, ibu merupakan media edukasi pertama bagi anak. Ibu merupakan perpustakaan pertama bagi anak, di mana ibu menjadi sumber informasi dan sekaligus tempat belajar pertama bagi anak, sebelum memulai belajar di lembaga pendidikan berjenjang.

Ia meyakini untuk urusan mendidik, ibu memiliki kontribusi lebih besar untuk masalah pendidikan anak dibandingkan sang ayah. 

“Sehingga, sangat penting peran ibu dalam menumbuhkan minat dan budaya gemar membaca pada anak sejak usia dini,” katanya.

Perempuan yang juga merupakan Bunda Literasi ini mengakui untuk membangkitkan minat baca tidak mudah. Perlu kesungguhan niat serta kerja keras bersama agar dapat dibudayakan.

“Dalam membangkitkan minat membaca khususnya di Kalteng tidak mudah, tidak bisa dilakukan secara instan. Tetapi dengan niat, usaha dan kerja keras serta kerjasama dari seluruh pihak masyarakat, Insyaa Allah pasti akan membuahkan hasil nantinya,” pungkasnya. (HERMAWAN DP/B-5)

Berita Terbaru