Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lingga Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Sukamara Akan Bentuk TPAKD Kembangkan Usaha Masyarakat

  • Oleh Norhasanah
  • 08 Maret 2021 - 18:30 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukamara akan membentuk Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD). TPAKD tersebut nantinya akan membantu usaha masyarakat agar lebih berkembang.

"Dalam vicon yang kita ikuti tadi, kita diperintah untuk membentuk TPAKD. Untuk saat ini, kita belum membentuk," kata Sekda Sukamara, Sutrinso seusai mengikuti Rakorwil Tim TPAKD sewilayah Kalimantan Tengah melalui zoom meeting, Senin, 8 Maret 2021.

Menurut dia, tujuan dibentuknya TPAKD adalah untuk membantu menghidupkan usaha ekonomi masyarakat agar bisa berkembang dengan maksimal.

"Contoh, masyarakat kita penghasil ikan tetapi menjualnya agak kesulitan, bagaimana usaha mereka ini bisa berjalan lancar. Oleh karena itu, TPAKD ini yang bertugas mengkomunikasikan dan memfasilitasi antara warga, jasa keuangan dan Disperindak,  untuk mencari solusi agar ikan yang tidak terjual tersebut tetap punya nilai ekonomi tinggi," terangnya.

Dalam pembentukan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah, Pemkab Sukamara akan melibatkan berbagai intansi terkait seperti perdagangan, perikanan, perijinan dan pihak terkait lainnya.

"Nanti akan menjadi sebuah tim yang membantu ekonomi masyarakat dengan menggeliatkan usaha-usaha kecil yang ada di masyarakat," ujarnya.

Dengan keberadaan TPAKD ini, tambah dia, berbagai sektor usaha masyarakat diharapkan bisa berkembang dan dapat meningkatkan perekonomian dengan terus menggali berbagai kreatifitas yang bisa dipasarkan. (NORHASANAH/B-7)

Berita Terbaru