Software Manajemen Relawan Pilkada 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ahli: Kabut Asap Dapat Perparah Kesehatan di Tengah Pandemi Covid-19

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 08 Maret 2021 - 20:35 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Ahli kesehatan, dr Riza Syahputra mengingatkan potensi bahaya jika terjadi bancana kabut asap di tengah pandemi covid-19. Terutama untuk masyarakat yang terpapar virus berbahaya itu.

“Dampak dari karhutla yang mengakibatkan kabut asap dapat memperparah kondisi kesehatan, terutama bagi masyarakat yang terpapar covid-19,” kata dr Riza Syahputra, Senin 8 Maret 2021.

Menurutnya, covid-19 merupakan penyakit yang mengakitbatkan gangguan pada sistem pernapasan, infeksi paru-paru yang berat, bahkan sampai kematian.

Sedangkan karhutla dengan kabut asapnya dapat mengakibatkan masyarakat terserang infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) akibat kabut asapnya.

“Jika masyarakat terpapar Covid-19, kemudian memiliki riwayat komorbid, usia yang masuk kategori lanjut, ditambah adanya kabut asap yang mengganggu pernapasannya, secara teori pasti akan memperparah kondisi kesehatannya,” jelasnya.

Pria yang juga merupakan Kabid Diklat Pengembangan dan Humas RSUD Doris Sylvanus ini, menilai dengan ISPA dan Covid-19 efeknya pasti dua kali lipat dari biasanya. (HERMAWAN DP/B-11)

Berita Terbaru