Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Toba Samosir Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Palangka Raya Terima Kunjungan Kerja DPRD Banjarmasin dan Batola

  • Oleh Hendri
  • 09 Maret 2021 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - DPRD Palangka Raya kembali menerima kedatangan para wakil rakyat dari Provinsi Kalimantan Selatan dalam rangka kaji banding mengenai tugas pokok dan fungsi lembaga legislatif.

DPRD Kota Banjarmasin dan DPRD Kabupaten Barito Kuala, datang ke Kota Cantik dengan membawa agenda kunjungannya masing-masing, Selasa 9 Maret 2021.

Anggota DPRD sekaligus Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) Kota Palangka Raya, Riduanto menyebutkan, khusus DPRD Kota Banjarmasin melalui Bapemperda datang untuk mengetahui bagaimana optimalisasi Raperda inisiatif DPRD.

"Sebenarnya seluruh anggota legislatif pasti mengetahui sistematika penyusunan raperda inisiatif ini, sebab pada hakekatnya telah ada acuan seperti Tata Tertib DPRD sampai dengan Permendagri 80/2015," ujarnya.

Namun dalam forum itu pihaknya sama-sama menggali dari pengalaman masing-masing daerah agar dalam penerapannya ke depan bisa lebih optimal.

Secara garis besar dalam pertemuan tersebut ada diskusi yang cukup dalam antar dua lembaga DPRD tersebut. Dalam pengajuan raperda inisiatif bisa melewati alat kelengkapan DPRD seperti komisi, gabungan komisi-komisi, fraksi maupun anggota DPRD.

"Akan tetapi, muaranya tetap akan dilakukan harmonisasi dan sinkronisasi melalui Bapemperda apakah judul raperda inisiatif tersebut layak atau tidak untuk ditindaklanjuti," jelasnya.

Sedangkan untuk kedatangan para anggota Komisi III DPRD Kabupaten Batola, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai implementasi Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 17/PMK.07/2021.

"Dibahas mengenai refocusing atau penyesuaian anggaran wajib, kemudian penggunaan dana desa atau kelurahan, hingga langkah strategis dan lebih inovatif dalam memaksimalkan potensi PAD," pungkasnya. (HENDRI/B-5)

Berita Terbaru