Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mojokerto Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bea Cukai Palangka Raya Kembali Ungkap Pengiriman Tembakau Gorilla

  • Oleh Budi Yulianto
  • 09 Maret 2021 - 16:25 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Petugas Kantor Pengawasan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean atau KPPBC TMP C Palangka Raya kembali mengungkap tembakau gorila melalui jasa pengiriman yang ada di Kota Palangka Raya.

"Total barang bukti kurang lebih 5,5 gram diduga berupa tembakau gorila sediaan NPP (narkotika, prekusor dan psikotropika) jenis synthetic cannobinoid," kata Kepala KPPBC, Indra Sucahyo, Selasa, 9 Maret 2021. 

Pelaku dalam kasus ini berinisial SMP (26 tahun). Pengungkapannya berlangsung pada Rabu, 3 Maret 2021. Sebelumnya, atau pada Senin, 1 Maret 2021, petugas memperoleh informasi pengiriman paket diduga NPP melalui jasa pengiriman dengan tujuan kota setempat. 

Selanjutnya, petugas melakukan penyelidikan berikut diketahui bahwa paket berasa dari Makasar - Sulawesi Selatan. Setelah berkomunikasi dengan pihak jasa pengiriman, paket tersebut diperkirakan tiba di gudang antara Rabu sampai Kamis. 

Berikutnya, petugas melakukan koordinasi dengan Badan Narkotika Nasional Provinsi atau BNNP Kalteng. Pada 3 Maret, tim bea cukai mendapat informasi paket sudah tiba. Bersama BNNP, mereka lalu menuju jasa pengiriman yang kemudian dilanjutkan dengan memeriksa barang kiriman. 

Dari hasil pemeriksaan itu, ditemukan barang bukti dengan jumlah tersebut. "Saat ini (terduga pelaku) sudah dilimpahkan ke BNNP," ungkap Indra Sucahyo.

Dia menambahkan, pihaknya hanya sebatas melakukan pengawasan terhadap masuknya barang itu. Sedangkan tindak lanjut untuk mengungkap hal lainnya seperti sasaran peredaran ke daerah mana, Indra menyebut kewenangan BNNP. 

"Untuk pengembangan lebih lanjut itu di BNNP," tuturnya. 

Sekadar diketahui, pada November 2020, pihaknya bersama BNNP juga mengungkap kasus serupa melalui jasa pengiriman. Hal itu tidak lepas dari hasil penyelidikan, koordinasi dan kerja sama yang baik antar-petugas. (BUDI/B-7)

Berita Terbaru