Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BI Kalteng Gelar Karya Kreatif Indonesia 2021

  • Oleh Testi Priscilla
  • 10 Maret 2021 - 12:06 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Bank Indonesia Perwakilan Kalimantan Tengah terus bersinergi mendukung Pemerintah mensukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia atau BBI dan Bangga Berwisata #DiIndonesiaAja atau BWI.

Komitmen ini antara lain diwujudkan melalui penyelenggaraan Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2021 seri 1 bertema "Sinergi, Globalisasi, dan Digitalisasi UMKM dan Sektor Pariwisata" yang digelar pada 3-31 Maret 2021 di Lombok dan seluruh Kantor Perwakilan Bank Indonesia.

Pelaksanaan KKI 2021 di Kalimantan Tengah, dilakukan melalui penyelenggaraan showcase UMKM binaan BI Kalteng di salah satu lobi hotel di Palangka Raya, Rabu 10 Maret 2021.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah, Rihando mengatakan bahwa ada beberapa tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan tersebut antara lain mendorong eksistensi UMKM lokal dalam kancah perdagangan nasional dan Internasional, merupakan wujud sinergi dalam mensukseskan Gernas BBI dan BWI, mendorong UMKM lokal go digital dengan mengunggah produk UMKM ke dalam platform digital e-katalog, serta memperluas penggunaan QR Code Indonesian Standard (QRIS) ke pelaku UMKM, khususnya meningkatkan pengunaan QRIS Tanpa Tatap Muka atau TTM.

"Sehingga melalui e-katalog dan pembayaran yang mudah menggunakan QRIS, masyarakat semakin mudah mendapatkan akses menjangkau produk UMKM di daerah," katanya. Sekda Kalteng, Fahrizal Fitri mengapresiasi langkah BI mendukung kesuksesan Gernas BBI melalui kegiatan KKI 2021 di seluruh Indonesia.

Fahrizal berharap KKI 2021 dapat memperluas Gernas BBI di masyarakat, sekaligus mendorong kemajuan UMKM Kalimantan Tengah untuk naik kelas dan berkembang, memanfaatkan peluang digitalisasi yang saat ini tengah tumbuh pesat, salah satunya melalui implementasi QRIS di 2021.

Berbeda dibandingkan penyelenggaraan KKI pada tahun sebelumnya, penyelarasan kegiatan KKI 2021 dengan Gernas BBI dan BWI bertujuan memberikan nilai tambah dan dampak yang lebih besar dalam mendukung kemajuan UMKM.

KKI 2021 fokus pada penguatan peran daerah dalam mempromosikan produk UMKM, perluasan cakupan UMKM yang difasilitasi, dan perluasan jangkauan promosi produk UMKM hingga luar negeri melalui edukasi dan webinar potensi pasar global kepada UMKM, business matching, serta fasilitasi keikutsertaan UMKM pada pameran/showcase.

Penyelenggaraaan showcase selama 2 hari tetap mengacu kepada protokol kesehatan Covid 19 antara lain dengan menerapkan kewajiban menggunakan masker, undangan yang dibatasi serta pengaturan jarak antar peserta.

Dalam kesempatan ini BI Kalteng secara simbolis menyerahkan bantuan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) kepada UMKM berupu, sarana prasarana pengembangan batik Tamiang Layang kepada Kelompok Batik Mawar Sharon, sarana prasarana pengembangan kerajinan rotan kepada Kelompok Duta Dare, dan sarana prasarana pengembangan makanan berbahan dasar ikan kepadaKelompok PMEFS.

BI mengajak seluruh masyarakat Kalimantan Tengah untuk menghadiri rangkaian kegiatan KKI secara virtual melalui website www.karyakreatifindonesia.co.id. Masyarakat ingin melihat produk UMKM Binaan BI, BI menyediakan menu katalog dan kontak pada website KKI. (TESTI PRISCILLA/B-6)

Berita Terbaru