Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Akademisi Nilai Karhutla Dapat Pengaruhi Pertumbuhan Ekonomi Kalteng

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 11 Maret 2021 - 19:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Akademisi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIPOL) Universitas Muhammadiyah Palangka Raya Farid Zaky Yopie menilai, bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) dapat pengaruhi pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Tengah (Kalteng).

“Karhutla berhubungan erat dengan dua kutub pembangunan, yakni produksi dan konservasi, yang mana kedua kutub tersebut, sangat terkait dengan pertumbuhan ekonomi daerah,” ungkap Zaky, Kamis 11 Maret 2021.

Hal ini, lanjut dia, menjadi tantangan bagi pemerintah daerah untuk memilih antara kedua kutub tersebut. Karhutla ini memiliki efek domino yang besar, dimana menyebabkan efek eksternal negatif, dimana kabut asap, polusi, dan lainnya.

“Semua ini dapat menghambat laju ekonomi, dikarenakan terganggunya kesehatan yang menghambat produktivitas masyarakat dalam bekerja,” tambahnya.

Zaky menilai untuk mengurangi potensi dampak karhutla, lebih realistis jika mengoptimalkan kewaspadaan dini terhadap bencana. 

“Saya kira langkah Pemprov Kalteng untuk siaga karhutla sejak dini sudah on the track, karena pola sosial ekonomi masyarakat dimasa pandemi ini sulit diprediksi, ditambah lagi fenomena alam yang tidak menentu,” jelasnya.

Zaky mengatakan dengan memanfaatkan people power milik masyarakat dengan optimalisasi media sosial sebagai wadah kampanye bencana juga menjadi salah satu faktor kunci dalam pencegahan dini ini. 

“Selama ini masyarakat nyaman dalam memegang prinsip penghematan ekonomi untuk membuka lahan, padahal dampaknya ke publik menyebabkan ketidaknyamanan,” tuturnya

“Hal ini harus dirubah, dengan memanfaatkan optimalisasi medsos bisa menjadi peluang untuk kampanye pencegahan karhutla,” tambahnya. (HERMAWAN DP/B-7)

Berita Terbaru