Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Paser Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sekda Minta Perusahaan Sawit Salurkan CSR Bantu Masyarakat Manfaatkan Lahan Kosong

  • Oleh Ramadani
  • 12 Maret 2021 - 15:40 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Barito Utara, Ir H Jainal Abidin mengharapkan agar perusahaan sawit membantu masyarakat memanfaatkan lahan kosong.

Salah satunya, kata Sekda, untuk menanam buah-buahan sehingga dapat dijual sebagai penghasilan tambahan.

"Seperti yang ditekankan oleh Bupati Barito Utara yang mengharapkan perusahaan yang beroperasi di Barito Utara dapat membantu Pemerintah dalam membangun daerah," jelas Jainal, Jumat 12 Maret 2021.

Disampaikan Jainal bahwa dirinya beserta para pejabat lainnya telah mengunjungi kebun buah perkumpulan tani Lintang Batang Hortifarm (LBH), yang berada di Jalan Tjilik Riwut kilometer 79 Trans Kalimantan, Desa Bukit Batu Kecamatan Cempaga Hulu Kabupaten Kotawaringin Timur.

“Kawasan agrowisata yang merupakan program CSR salah satu perkebunan sawit dengan total luas 110 hektar salah satu tujuan dibangun adalah untuk alternatif pendapatan bagi petani selain kelapa sawit,” terangnya.

Di mana, pengelola kebun buah, Hendri mengatakan bahwa tujuan lainnya adalah sebagai sarana masyarakat kelompok tani dan masyarakat Kalimantan Tengah untuk mempelajari hortifarm serta meningkatkan gizi masyarakat luas melalui konsumsi buah-buahan.

"Sampai saat ini tanaman buah yang dikembangkan sudah sering dipanen dan dijual kepada para pengunjung yang datang ke lokasi taman buah dengan harga yang standar," jelas Jainal.

Diketahui bahwa kebun Lintang Batang Hortifarm diresmikan oleh Gubernur Kalteng pada saat panen perdana buah kelengkeng saat perayaan Hari Ketahanan Pangan Sedunia (HPS) ke 37 Tingkat Provinsi Kalteng pada 8 Oktober 2017 lalu.

Sementara, Kepala Dinas Pertanian, Syahmiludin A Surapati mengatakan bahwa kunjungan ini dilakukan untuk mengetahui lebih jauh mengenai Kebun Buah Lintang Batang, dimana pengelolaan oleh perkumpulan tani LBH ini sangat baik dan sebagai contoh kedepannya untuk Barito Utara.

"Rencananya Barito Utara akan mencontoh dari penerapan Perkumpulan Tani LBH dan apabila terlaksana dengan baik maka akan dapat membantu untuk meningkatkan pendapatan masyarakat Barito Utara," ujar Syahmiludin. (RAMADHANI/B-5)

Berita Terbaru