Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tanjung Jabung Barat Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kotim Dinilai Salah Satu Kabupaten Rawan Karhutla di Kalteng

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 13 Maret 2021 - 21:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kotawaringin Timur (Kotim) dinilai sebagai salah satu kabupaten di Kalimantan Tengah (Kalteng) yang rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan. 

"Kotim, salah satu kabupaten yang rawan Karhutla. Oleh sebab itu, saya minta antisipasi harus dilakukan, meski saat ini masih terjadi hujan di daerah ini," ujar Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Habib Said Ismail, saat melihat persiapan antisipasi Karhutla di Sampit, Sabtu, 13 Maret 2021. 

Hal itu terjadi karena lahan gambut di Kotim sangatlah luas. Sehingga, sangat mudah terbakar, dan sulit dipadamkan karena kedalaman gambut bisa lebih dari 1 meter. 

"Sehingga, perlunya antisipasi sebelum terjadi. Peralatan dan personel juga harus disiapkan, sehingga dapat dengan sigap mencegah terjadinya Karhutla," kata Habib Said. 

Selain Kotim, kabupaten lain yang rawan terjadi Karhutla di antaranya Kotawaringin Barat, Kapuas dan Kabupaten Pulang Pisau. Sebagian di daerah tersebut sudah terjadi Karhutla. 

Dirinya berharap agar kekompakan seluruh pihak terlibat untuk antisipasi Karhutla ini. Jangan sampai lengah, dan jangan sampai terjadi Karhutla baru dipadamkan. Karena hal itu akan sulit dilakukan. (MUHAMMAD HAMIM/B-7)

Berita Terbaru