Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tanah Datar Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kunker Petarikan, Bupati Lamandau Buka Pelayanan Kesehatan dan Khitanan Massal dan Serahkan Bantuan

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 14 Maret 2021 - 23:21 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Safari Jumat yang dijalani Bupati Lamandau, Hendra Lesmana pada 14 Maret 2021 mengagendakan berbagai kegiatan di sejumlah desa. Di antaranya mengunjungi masyarakat Desa Beruta, Kecamatan Bulik, dan kunjungan kerja (Kunker) di Desa Petarikan, Kecamatan Belantikan Raya.

Di Desa Petarikan, Bupati Hendra Lesmana yang datang didampingi Sekda serta sejumlah kepala dinas, bahkan sampai menginap selama 2 malam, hingga baru kembali ke ibu kota pada Minggu 14 Maret 2021.

Banyak kegiatan yang dilakukan, mulai dari membuka pelayanan dan khitanan massal gratis, penyerahan berbagai bantuan pasca bencana banjir, mengecek kondisi infrastruktur, ramah tamah dengan masyarakat, membuka pelayanan pembuatan administrasi kependudukan hingga menjajal eksotisme Riam Belantikan di Daerah Aliran Sungai (DAS) Belantikan.

Setibanya di Desa Petarikan pada Jumat sore, bupati langsung menyerahkan paket bantuan pasca bencana, berupa puluhan paket permainan anak dan alat belajar untuk pendidikan anak usia dini (paud), hingga bantuan sandang untuk warga.

Setelahnya, Bupati Hendra Lesmana didampingi Sekda Muhammad Irwansyah, Kadis Kesehatan dan kadis lainnya juga langsung membuka acara sunatan massal dan pelayanan kesehatan gratis.

Dalam beberapa bulan terakhir Bupati Hendra rutin memanfaatkan akhir pekan untuk keliling mengunjungi warga secara langsung yang dikemas dalam bentuk Safari Jumat.

Tak jarang Safari Jumat yang dijalaninya itu memakan waktu berhari-hari hingga harus menghabiskan akhir pekan di desa.

"Meski kondisinya pandemi Covid-19, saya tidak ingin kehilangan momen untuk menyerap aspirasi dan mengetahui kondisi riil di masyarakat secara langsung. Apalagi tahun lalu kita dihadapkan dengan berbagai bencana alam dan non alam, dan saya merasa punya kewajiban melihat kondisi berbagai infrastruktur pasca bencana alam serta kondisu masyarkat pada situasi pandemi covid-19 yang hingga kini belum berakhir," katanya.

Kehadiran bupati di Desa Petarikan mendapat sambutan hangat warga setempat. Kepala Desa Petarikan, Karianto, bahkan mengaku bangga meski dalam padatnya agenda kedinasan Bupati Hendra Lesmana masih bisa menyempatkan waktunya berkunjung ke Desa Petarikan.

Desa yang jarak tempuhnya sekira empat jam dari Nanga Bulik, itupun jika kondisi cuaca dan jalanan lancar tidak diguyur hujan.

"Kami bangga luar biasa dengan Bapak (Bupati) ini pak, Petarikan ini lokasinya berada diujung Kabupaten pak, tapi pak Bupati sudah beberapa kali datang langsung ke sini bahkan untuk kali ini bisa nginap dan bercengkrama langsung dengan warga. Ini berkat luar biasa bagi kami masyarakat sini," katanya.

Selama berada di Petarikan, Kades dan para perangkat desa aktif mendampingi Bupati dan rombongan selama kunker, seperti mengecek proses pembangunan salah satu rumah warga petarikan yang menjadi korban saat banjir besar hingga rumahnya terbawa hanyut serta rusak parah.

Berita Terbaru