Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tingkatkan Layanan Prima dan Profesional Bidang Kepegawaian, Pemkab Kobar Luncurkan Aplikasi SAPA SIDA

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 15 Maret 2021 - 19:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar), melalui Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelataihan (BKPP) melaunching Sistem Aplikasi Pelayanan ASN Berbasis Digital yang disingkat SAPA SIDA. Aplikasi ini untuk memberikan pelayanan secara prima dan profesional, di bidang administrasi kepegawaian.

Aplikasi yang merupakan hasil kolaborasi antara BKPP dan Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian ini dilaunching langsung oleh Sekretaris Daerah, Suyanto di aula kantor BKPP Kobar, pada Senin, 15 Maret 2021.

Kepala BKPP Kobar Aida Lailawati menekankan pentingnya digitalisasi dan transformasi dokumen kepegawaian. Dalam aplikasi SAPA SIDA, ASN dapat menyimpan dokumen kepegawainnya secara digital, sehingga bisa dihindarkan dari hal - hal yang tidak diinginkan seperti hilang, terbakar serta dokumen juga akan mudah ditemukan saat dicari.

"Melalui aplikasi SAPA SIDA ini nantinya akan memudahkan pencarian dokumen jika kita ingin memakainya. Apabila nantinya jika ingin mengurus kenaikan pangkat atau pensiun tidak perlu lagi mengumpulkan dokumen, cukup ambil dari aplikasi SAPA SIDA," jelas Aida.

Dalam kesempatan yang sama, Sekda Kobar Suyanto menyambut baik peluncuran aplikasi SAPA SIDA. Apilkasi ini seiring dengan kemajuan zaman pada era revolusi 4.0, dimana setiap orang termasuk ASN wajib menggunakan teknologi informasi jika tidak ingin tertinggal. Salah satu indikasi dari revolusi 4.0 itu yaitu sistem pemerintahan berbasis digital.

"Sehinhgga dengan sistem pelayanan digital melalui aplikasi SAPA SIDA, diharapkan mampu tercipta pelayanan administrasi kepegawaian yang efektif dan efisien terutama di era kenormalan baru," ungkap Suyanto.

Selain itu, itu Suyanto juga berpesan agar ada manajemen resiko terhadap aplikasi SAPA SIDA diperhatikan, agar apabila terjadi sesuatu seperti kehilangan data, dapat dengan cepat diatasi dan ditemukan solusi lain untuk mengatasinya.

"Tentunya saya berharap agar aplikasi ini dapat terus dikembangkan sesuai dengan perkembangan teknologi informasi terkini," tutup Suyanto. (DANANG/B-5)

Berita Terbaru