Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Banjar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Sukamara Sosialiasi Pembakaran Lahan Sekat

  • Oleh Norhasanah
  • 16 Maret 2021 - 17:16 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukamara menggelar sosialisasi pembakaran lahan sekat di kawasan persawahan kelompok tani Sido Makmur di Kelurahan Mendawai, Kecamatan Sukamara, Selasa, 16 Maret 2021.

"Ini merupakan momen yang sangat baik bagi kita, karena tujuannya adalah agar kita tahu, mengerti dan memahami dalam rangka mengantisipasi yang tidak diinginkan, terutama sehubungan dengan kebakaran hutan dan lahan," kata Bupati Sukamara, Windu Subagio.

Kegiatan ini untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait cara membakar lahan sesuai aturan.

"Dalam cara membuka lahan sesuai dengan Perda dan Perbup, bahwa boleh membakar dilahan non gambut, luasnya maksimal 1 hektare, lalu di dalam cara membakar juga ada aturan-aturan yang harus kita taati dan ikuti," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Windu menegaskan kegiatan membakar tidak boleh dilakukan tanpa adanya izin, serta harus adanya pengawalan oleh pihak desa, bhabinsa dan bhabinkamtibmas. Sehingga kegiatan bisa dilaksanakan sesuai aturan yang berlaku.

"Kita juga berterima kasih dengan TNI, Polri, Manggala Agni, Kepala Desa dan semua pihak yang telah berupaya melaksanakan kegiatan upaya pencegahan terjadinya musibah kebakaran hutan dan lahan di Sukamara," tutupnya. (NORHASANAH/B-6)

Berita Terbaru