Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Harga Cabai Tinggi Jadi Keuntungan Tersendiri Bagi Petani

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 18 Maret 2021 - 17:51 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Saat ini, harga cabai di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) masih tinggi. Rata-rata diatas Rp 120 ribu pee kilo gram.

Naik harga cabai ternyata menjadi berkah bagi para petani cabai di Sampit. Karena mereka mendapatkan keuntungan yang cukup besar.

"Saat ini harga cabai masih tinggi, kemaren saya jual kepada pengepul Rp 90 ribu per kilogram," ujar petani cabai Agus Suryanto, Kamis, 18 Maret 2021.

Hal itupun menjadi keuntungan bagi mereka para petani. Meskipun, di musim penghujan saat ini, perawatan ekstra harus dilakukan terhadap tanaman lombok mereka.

"Memang musim seperti sekarang ini butuh perawatan terhadap tanaman cabai, namun dengan harga yang tinggi, kami tetap mendapatkan keuntungan yang besar," katanya.

Dia mengaku memiliki lahan 0,5 hektare. Dan hampir seluruhnya ditanami cabai. Sehingga, lahan tersebut menjadi demplot cabai bekerjasama dengan Bank Indonesia.

"Ada 12 ribu batang lombok yang sudah mulai panen, dan sekali panen kami bisa mendapatkan 2 kuintal, sehingga hasil yang kami dapatkan cukup memuaskan," terangnya.

Sementara, Wakil Bupati Kotim Irawati sendiri berharap apa yang dilakukan oleh Agus bersama kelompok taninya bisa menjadi contoh bagi petani lainnya.

"Pertanian cabai ini sangat menjanjikan, saya harap juga bisa dikembangkan di lahan-lahan lainnya di Kotim ini," harapnya. (MUHAMMAD HAMIM/B-6)

Berita Terbaru