Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Soppeng Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jadi Motivasi Bagi Generasi Sekarang, Hasil Karya Mantan Dosen Tidak Kalah Bersaing

  • Oleh Naco
  • 18 Maret 2021 - 16:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Riduan Kesuma mantan dosen salah satu perguruan tinggi di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) tidak kalah bersaing dalam lomba inovasi teknologi tepat guna (TTG) yang dilaksanakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Kotim.

Riduan Kesuma mampu menyisihkan pesaingnya yakni 15 peserta itu dengan mengusung karya berupa solar generator. Tentu ini bisa jadi motivasi bagi generasi saat ini untuk membuat hasil karya yang bermanfaat bagi orang banyak, seperti yang dilakukan Riduan Kesuma ini.

Di mana seperti diketahui, hasil karya Riduwan Kesuma tentang solar generator tersebut telah di uji coba selama  dua tahun terakhir ini.

“Teknologi ini sudah kita uji coba dan selama dua tahun terakhir ini sudah  membantu  memberikan aliran listrik arus AC bagi operasionalnya internet satelit yang sudah terpasang dan tersebar hingga pelosok pedalaman Kotim," kata Riduan Kesuma, Kamis, 18 Maret 2021.

Alat tersebut memanfaatkan sinar matahari yang dikonversikan menjadi tenaga listrik. Namun, untuk alat ini tidak seperti biasanya yang kebanyakan.

Arus  itu di dapat dari solar cell langsung tanpa aki. Alat itu  buah dari modifikasi alat elektronik yang disulap mantan dosen ekonomi ini.

Riduan mengakui terobosan untuk teknologi itu setelah dirinya melihat akan kebutuhan listrik dan internet di daerah pelosok sangat mendesak. 

Perlu ada terobosan  teknologi untuk menjawabn kebuntuan itu. Alhasil saat ini diisi sejeumlah desa di pelosok sudah bisa mengakses  internet dan juga listrik melalui penemuan yang sudah sejak lama digagas dan langsung dicoba tersebut.

Tidak hanya untuk internet saja, solar generator ini juga di pergunakan untuk penerangan rumah tangga serta untuk mempergunakan alat elektronik rumah tangga lainnya di desa. 

“Dengan kata lain Solar Generator ini sangat besar manfaatnya," tukas Riduan.

Berita Terbaru