Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tokoh Dayak di Kotim Segera Gelar Musda Batamad, ini Pesan Bupati Halikinnor

  • Oleh Naco
  • 19 Maret 2021 - 13:15 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sejumlah tokoh masyarakat adat Dayak mulai turun gunung. Dalam waktu dekat ini akan segera menggelar musda untuk menyusun kepengurusan organisasi Barisan Pertahanan Masyarakat Adat Dayak (Batamad) Kabupaten Kotawaringin Timur.

Sejumlah tokoh tersebut langsung menemui Bupati Kotim, Halikinnor. Tokoh itu di antaranya Martha Ujai, Redy Setiawan, Rimbun, Wintersius, Yohanes Aridian, Tjumbie, Ahmad Yani, Ferdinan Lantik, dan lainnya.

Adapun musda akan dilakukan dalam waktu dekat. Batamad Provinsi Kalteng sudah menunjuk Rimbun yang juga anggota DPRD Kotim itu sebagai ketua tim formatur bersama dengan sejumlah tokoh adat lainnya.

Rimbun menyebutkan, pihaknya menyampaikan bahwa akan melaksanakan kegiatan musda. 

Menurut Rimbun, Bupati Kotim yang juga sekretaris DAD Kotim harus disampaikan secara langsung mengenai agenda tersebut.

"Kami sudah audiensikan dengan Bupati Kotim perihal rencana kegiatan Musda Batamad ini,. Termasuk akan kami sampaikan kepada Ketua DAD Kotim, pak HM Taufiq Mukri," kata Rimbun, Jumat, 19 Maret 2021.

Rimbun menyebutkan pihaknya sebagai tokoh pemuda dan tokoh masyarakat adat menginginkan Batamad bisa eksistensinya dihargai terutama untuk kalangan masyarakat adat. 

"Kita harus jadikan Batamad ini juga sebagai pengaman kebijakan pemerintah daerah, untuk pembangunan Kotim hingga ke pelosok daerah,” tegasnya.

Dia juga mengapresiasi sikap Bupati Kotim yang sudah menerima audiensi itu. Apalagi bupati memberikan dukungan untuk pelaksanaan.

"Yang jelas akan dilaksanakan mulai awal April nanti untuk Batamad ini,” tegasnya.

Terpisah, Bupati Kotim, Halikinnor mendukung agar eksitensi dari Batamad itu sendiri memang harus dipertahankan. Namun, dia tidak lupa mengatakan Musda Batamad Kotim ini jangan sampai membuat perpecahan di kalangan masyarakat adat.

Pihak sebelumnya sudah tergabung dalam kepengurusan Batamad agar dirangkul dan diakomodir dalam kepengurusan baru.

“Yang pasti saya dorong, kita jangan sampai terjadi polemik dan harus tetap bersatu,” kata Halikinnor. (NACO/B-11)

Berita Terbaru