Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ketapang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kecamatan Kapuas Timur Sosialisasikan Perbup ADD dan DD 2021

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 19 Maret 2021 - 17:06 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Pemerintah Kecamatan Kapuas Timur bersama Dinas PMD Kapuas mensosialisasikan Perbup tentang Anggaran Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) 2021.

Kegiatan ini dihadiri Camat Kapuas Timur Yan Safriansyah, Kepala Dinas PMD Kapuas Yamarto, unsur tripika, Pendamping Lokal Desa (PLD), dan seluruh kepala desa se Kecamatan Kapuas Timur.

Camat Kapuas Timur, Yan Safriansyah mengucapkan terima kasih kepada Kepala Dinas PMD Kabupaten Kapuas yang telah menjadwalkan kegiatan sosialisasi tersebut.

“Semoga kegiatan itu bermanfaat bagi desa-desa di Kecamatan Kapuas Timur dan kepada para kepala desa diharapkan memahaminya dengan baik,” kata Yan Safriansyah, Jumat 19 Maret 2021.

Dia menuturkan Anggaran ADD dan DD adalah beberapa sumber pembiayaan di desa yang tertuang dalam APBDES. Dalam penggunaan ADD dan DD yang notabene adalah uang Negara yang berasal dari rakyat, ada ketentuan-ketentuan yang harus diikuti oleh pemerintah desa.

“Bedasarkan Perbub ADD dan DD Tahun 2021 ada beberapa kegiatan yang merupakan prioritas untuk dilaksanakan desa yang namanya uang negara, serupiahpun harus jelas pertanggung jawabannya,” jelasnya.

Dia menjelaskan untuk prinsip dalam pengelolaan keuangan desa ada tiga, yaitu transparansi, partisifatif dan akuntabilitas.

“Transparan dari perencanaan, penganggaran sampai pelaksanaaan, publik harus tahu, khususnya masyarakat desa,” ucapnya.

Kemudian, partisipasif yaitu masyarakat desa harus terlibat juga dalam perencanaan, pelaksanaan sampai pengawasan kegiatan.

“Kalau bukan masyarakat desa yang peduli, terus siapa lagi. Akuntabilitas, semua kegiatan desa harus dapat dipertanggung jawabkan sesuai dengan kententuan perundang-undangan yang berlaku,” tuturnya.

Menurut camat, jika keuangan desa dapat dikelola dengan benar maka tujuan dari pembangunan desa akan tercapai yaitu terciptanya kesejahteraan  masyarakat desa. (DODI RIZKIANSYAH/B-6)

Berita Terbaru