Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Way Kanan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Edy Pratowo: Pulang Pisau Berusaha Terbebas Karhutla

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 19 Maret 2021 - 19:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Bupati Pulang Pisau (Pulpis) Edy Pratowo menegaskan Pulang Pisau terus berusaha untuk terbebas dari Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Salah satunya dengan menggunakan pengoptimalan sekat kanal yang sudah dibuat oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

“Kita selalu berusaha agar terbebas dari Karhutla yang pasti dengan adanya sekat kanal ini membantu untuk hidrologi air, supaya (air) lahan gambut tidak cepat keluar,” ungkap Edy Pratowo, Jumat 19 Maret 2021.

Ia mengaku berusaha untuk menjaga fungsional dari sekat kanal yang ada. Sehingga bisa mengendalikan gambut tetap basah selama musim kemarau.

Sementara itu terkait pemberdayaan masyarakat dinilai sudah berjalan dengan baik. Edy menegaskan pihaknya akan selalu melakukan koordinasi dengan KLHK.

“Nanti melalui dinas terkait terus melakukan koordinasi dengan kementrian karena ini (sekat kanal) harus dijaga,” ungkapnya.

Melalui pemerliharaan ia berharap secara bertahap keberadaan kanal benar-benar bisa memberikan manfaat. Apalagi dengan sekat kanal yang sebagian besar dibuat dari kayu galam. 

“Itu harus ditimpali dengan pohon dan akar kuat, jadi nanti akar mengikat dan tidak terjadi erosi gara gara kerusakan galam itu tadi,” tandasnya. (HERMAWAN DP/B-5)

Berita Terbaru