Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Sibolga Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ancaman Karhutla Tidak Bisa Diremehkan, kata Waket DPRD Palangka Raya

  • Oleh Hendri
  • 19 Maret 2021 - 20:55 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Ketua I DPRD Kota Palangka Raya, Wahid Yusuf meminta masyarakat tidak menganggap remeh ancaman kebakaran hutan dan lahan atau karhutla.

"Karhutla apabila terjadi di daerah kita tentunya akan berdampak kepada beberapa persoalan yang dialami masyarakat, salah satunya dampak perekonomian dan kesehatan akan sangat terganggu," kata Wahid Yusuf, Jumat, 19 Maret 2021

Masyarakat disarankan juga ikut berpartisipasi dalam menjaga daerahnya agar tidak terjadi karhutla. Tanpa partisipasi masyarakat, petugas yang sudah dilibatkan dalam penanganan tersebut tidak mengetahui kejadian itu.

"Kerja sama antar-pemerintah bersama masyarakat itu sangatlah penting dalam penanggulangan karhutla, sehingga ketika terjadi peristiwa itu masyarakat juga harus aktif memberikan informasi kepada petugas," ucapnya.

Palangka Raya termasuk daerah yang sangat rawan kebakaran hutan dan lahan. Saat kemarau, tanah gambut menjadi kering sehingga sangat mudah terbakar dan sulit dipadamkan.


Menurutnya, daerah setempat akan bebas dari bencana karhutla apabila dari tingkat pemukiman warga atau Rukun Tetangga (RT), kelurahan, Kecamatan benar-benar fokus dan aktif. (HENDRI/B-7)

Berita Terbaru