Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumba Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pembinaan Kelompok Usaha Perikanan di Palangka Raya Diperkuat

  • Oleh Hendri
  • 19 Maret 2021 - 22:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Perikanan Kota Palangka Raya terus melakukan pembinaan kepada pelaku usaha pengolahan produk perikanan agar produk yang dihasilkan terjamin mutunya.

"Untuk memastikan jaminan mutu kami perkuat dan optimalkan pembinaan kepada pelaku usaha pengolahan produk perikanan," ungkap Kepala Dinas Perikanan Kota Palangka Raya Indriarti Ritadewi.

Indriarti menjelaskan, pembinaan dan pendampingan dilakukan kepada kelompok usaha yang sudah membuahkan hasil.

Misalnya kelompok usaha yang mendapat legalitas berupa sertifikasi kelayakan pengolahan (SKP) dari kementerian kelautan dan perikanan dan izin edar dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

Kelompok usaha yang sudah mendapat legalitas usaha tersebut adalah Perkumpulan Pramesti Malima Energi Fokus Sejahtera (PMEFS).

Sementara itu, Ketua Kelompok PMEFS, Aqidah Wahyuni mengatakan, dengan adanya legalitas SKP dan izin edar dari BPOMMD, mereka mendapatkan jaminan kepada konsumen.

"Bahwa produk yang kami proses secara higyenis sesuai dengan regulasi keamanan pangan dan pemasarannya sudah bisa ke retail retail modern tidak hanya lokal," tuturnya.

Produk pengolahan dari PMEFS sendiri adalah produk frozen yang sesuai standart dan keamanan pangan, di antaranya pempek ikan gabus, bakso ikan gabus, otak-otak ikan bandeng dan bakso ikan patin. (HENDRI/B-7)

Berita Terbaru