Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mukomuko Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Barito Utara Usulkan 40.000 Hektare Untuk Food Estate

  • Oleh Ramadani
  • 20 Maret 2021 - 17:40 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Pemkab Barito Utara mengusulkan 40.000 hektare untuk dijadikan kawasan food estate kepada pemerintah pusat. Hal ini dalam rangka mendukung program ketahanan pangan nasional.

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Barito Utara menggelar rapat terkait ketersediaan lahan area Food Estate yang dicanangkan oleh Pemerintah Pusat.

Rapat yang dilaksanakan di aula BappedaLitbang dipimpin Asisten Sekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan H Rakhmat Muratni, didampingi Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Keuangan Suparmi dan Kepala Bappedalitbang Muhlis, Kadis PUPR M Iman Topik dan leading sektor terkait lainnya.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan, H Rakhmat Muratni, dalam rapat tersebut menyampaikan bahwa sesuai arahan dan petunjuk Bupati Barito Utara H Nadalsyah bahwa dalam rangka mendukung program ketahanan pangan nasional.

"Kita petakan dulu wilayah mana nantinya yang dapat disiapkan sebagai area food estate. Dan agar areal yang kita disiapkan nantinya benar-benar sesuai dan tidak tumpang tindih dengan kawasan lainnya,,” kata Rakhmat Muratni, Sabtu 20 Maret 2021. 

Asisten Setda H Rakhmat Muratni menyimpulkan bahwa dengan dimatangkan pemetaan dari rencana strategis kawasan Food Estate, Pemkab Barito Utara akan secepatnya mengusulkannya kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah.

"Dari 40.000 hektar yang direncanakan akan diketahui berapa luasan di setiap kecamatan yang akan dijadikan kawasan Food Estate di wilayah Kabupaten Barito Utara," kata Rahmat Muratni. (RAMADHANI/B-5)

Berita Terbaru