Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Manggarai Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggota DPR Minta Tata Kelola Beras Diperbaiki

  • Oleh ANTARA
  • 21 Maret 2021 - 18:20 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Anggota Komisi IV DPR RI I Made Urip meminta agar pemerintah memperbaiki tata kelola beras untuk mendorong kedaulatan pangan dalam negeri, sehubungan rencana impor beras yang mengundang polemik.

"Kondisi terkait beras di dalam negeri ini harus diubah dari hulu ke hilir," katanya ketika melakukan gerakan tanam pohon di Waduk Rawa Lindung, Jakarta Selatan, Minggu.

Menurut dia, dari sisi hulu, pemerintah didorong mengoptimalkan bantuan kepada petani di antaranya mesin pengering sehingga ketika musim hujan, gabah yang dipanen petani bisa cepat kering.

Dengan begitu, lanjut dia, penyerapan gabah petani dari Bulog juga akan tinggi sehingga memberikan kepastian dan nilai ekonomi bagi petani.

Sedangkan dari sisi hilir, ia meminta agar sirkulasi beras di gudang Bulog berjalan karena kondisi saat ini beras menumpuk.

Penyebabnya, lanjut dia, karena program sosial sudah diubah menjadi bantuan pangan nontunai.

Meski begitu, ia mendorong agar beras yang menumpuk di gudang Bulog dikeluarkan misalnya dioptimalkan untuk beras kesejahteraan rakyat di antaranya bantuan bagi masyarakat terdampak COVID-19.

"Jadi kalau sekarang importasi lagi, dimana ditaruh Beras itu kan harus dipelihara, maintenance dijaga betul supaya berkualitas, tidak busuk dan berkutu," ucap politikus asal Bali itu.

Ia juga menilai rencana impor beras juga tidak tepat dilakukan karena produksi beras sedang surplus.

Begitu juga apabila kondisi sedang tidak surplus, impor bisa dihindari dengan cara pengadaan harus dilakukan di dalam negeri.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), potensi produksi beras periode Januari-April 2021 diperkirakan mencapai 14,54 juta ton.

Jumlah itu mengalami kenaikan 3,08 juta ton atau 26,84 persen dibandingkan dengan produksi beras pada subround yang sama pada 2020 sebesar 11,46 juta ton.

Sementara itu, berdasarkan data Bulog yang diolah Badan Ketahanan Pangan pada 7 Maret 2021, stok beras Bulog sebesar 869.151 ton.

Stok itu terdiri dari stok komersial sebesar 25.828 ton dan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) sebesar 843.647 ton.

Berita Terbaru