Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kutai Kartanegara Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hubungan Pemkab dan DPRD Pulang Pisau Harus Harmonis

  • Oleh Asprianta
  • 22 Maret 2021 - 02:00 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau – Ketua DPRD Kabupaten Pulang Pisau, Ahmad Rifa’i mengatakan, hubungan pemerintah kabupaten dan legislatif harus senantiasa harmonis, serta selalu bersinergi untuk menyejahterakan masyarakat.

“Kita selalu berupaya menjaga harmonisasi hubungan dengan pemerintah daerah. Hika ada kebijakan yang menemui kebuntuan, kita lebih mengutamakan komunikasi dalam mencari solusi terbaik sehingga dilahirkan output kebijakan yang benar-benar pro rakyat,” kata Ahmad Rifa’i.

Dia mengatakan, pemkab dan DPRD merupakan dua sisi mata uang yang saling membutuhkan dalam konteks pembangunan daerah. Oleh sebab itu, penting untuk menyelaraskan perspektif kebijakan dalam menyusun program pembangunan.

Dia mengatakan, pemkab dan DPRD selalu bersama-sama dalam melakukan pembahasan rancangan peraturan daerah, maupun anggaran pendapatan dan belanja daerah.

"Penting bagi kita untuk menyelaraskan perspektif kebijakan dalam menyusun program pembangunan bersama pihak eksekutif," kata Legilastor Golkar itu.

Menurutnya hubungan kerja kegislatif dan eksekutif dilakukan secepat mungkin serta tidak berlarut-larut. Namun, DPRD tetap konsisten menjalankan tugas pokok dan fungsinya salah satunya sebagai pengawas pembangunan.

Ketua DPRD Pulang Pisau juga menilai sinergitas dalam konteks membangun daerah adalah poin terpenting untuk kesejahteraan masyarakat.

"Tugas pokok dan fungsinya salah satunya monitoring, sebagai sarana untuk mengontrol kebijakan kepala daerah agar benar-benar terarah dan tepat sasaran serta mengutamakan kepentingan masyarakat umum," ucapnya.

Dia juga mengungkapkan, sudah semestinya antara pemerintah kabupaten dan DPRD menjalin komunikasi yang harmonis untuk mewujudkan visi dan misi kepala daerah. Sebab hal itu sangat penting agar tercipta suasana kondusif secara politis.

“Hubungan kita harus saling bersinergi dalam mencapai tujuan bersama, yaitu untuk kepentingan masyarakat secara umum,” tuturnya. (PPOST/ASPRIANTA)

Berita Terbaru