Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sabu Raijua Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Barut Ikuti Rakor Persiapan PPKM

  • Oleh Ramadani
  • 22 Maret 2021 - 11:00 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Pemerintah Kabupaten Barito Utara mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) persiapan PPKM menghadapi libur panjang melalui zoom meeting di Ruang Rapat Lantai II setda, Minggu malam, 21 Maret 2021.

Dalam kegiatan ini, dari Pemkab Barito Utara dipimpin oleh Asisten Administrasi Umum, Ir Inriaty Karawaheni dan dihadiri oleh unsur FKPD, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas SosPMD, Kepala Satpol-PP dan Damkar, dan Kepala BPBD.

Kegiatan tersebut dilaksanakan Satuan Tugas (Satgas) penanganan Covid-19 tingkat Nasional dengan topik Persiapan PPKM dan PPKM Mikro menghadapi libur panjang dan laporan koordinasi pelaksanaan 3T di satu daerah.

Untuk diketahui, berdasarkan analisis dan dampak dari libur panjang pada tahun 2020, terjadi peningkatan kasus Covid-19 di Indonesia. 

"Dalam rakor tersebut, dipaparkan update kasus Covid-19 dan pembelajaran libur panjang di tahun 2020 oleh Kepala Bidang Data dan IT, Satgas Penanganan Covid-19. Kemudian dilanjutkan paparan oleh Koordinaator Tim Pakar, STPC-19, Wiku Adisasmito tentang analisis kebijakan libur panjang," kata Inriaty Karawaheni, Senin, 22 Maret 2021.

"Dampak libur panjang Ramadhan dan Idul Fitri tahun 2021, berpotensi terjadi kenaikan kasus harian sebesar 37% s/d 119%," jelas inriaty.

Untuk itu, kebijakan yang diambil untuk mengantisipasi libur panjang mendatang yakni mengoptimalkan fungsi pencegahan yakni identifikasi titik potensi kerumunan, sosialisasi dan pengawasan penerapan Prokes Covid-19 terutama di area pariwisata.

Selainitu, fungsi pembinaan yaitu penegakan disiplin bagi warga yang melanggar peraturan, pembatasan warga yang keluar masuk daerahnya dengan pemberlakuan surat perizinan dan skrining kesehatan, pembatasan sosial kegiatan tingkat rumah tangga yang berpotensi menimbulkan kerumunan, dan pemberian sanksi yang tegas bagi warga yang melanggar.(RAMADHANI/B-7)

Berita Terbaru