Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Samosir Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bahasa Daerah Adalah Literatasi yang Harus Dilestarikan

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 22 Maret 2021 - 22:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Literasi tidak hanya berasal dari buku, tapi juga bisa meningkatkan literasi berdasarkan dari bahasa dan satra budaya daerah maupun sastra daerah.

Ethnomusicologist Bandung, Rayhan Sudrajat menilai bahasa dan sastra daerah ini sangat perlu untuk terus dilestarikan. Mulai dari kemampuanpuan memahami bahasa maupun pengaplikasiannya.

"Literasi bukan hanya sebatas bahasa Indonesia saja, bahkan bahasa daerah/sastra pun tergolong literasi yang perlu dilestarikan. Karena dalam bahasa daerah, tidak hanya kemampuan dalam berbahasa saja, namun kemampuan menuturkannya juga perlu diperhatikan," sebut Rayhan saat live Kegiatan Inovasi Literasi Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispursip) Kalimantan Tengah (Kalteng.

Ia juga berharap peran-peran komunitas anak muda, sekolah dan pemerintah dapat meningkatkan motivasi minat baca bahkan pemerintah bisa menunjang dengan fasilitas yang terbaik.

 Adapun kegiatan inovasi literasi yang di inisiasi merupakan wadah anak muda untuk berbagi kisah inspiratif, menunjukkan bakatnya.

Bahkan sebagai ajang memotivasi anak muda yang lain untuk menjadi seorang generasi yang tidak hanya cerdas, namun kreatif dan bisa berpikir secara kritis. (HERMAWAN DP/B-5)

Berita Terbaru