Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mojokerto Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sungai Bengaris Meluap, Kota Muara Teweh Kebanjiran

  • Oleh Ramadani
  • 23 Maret 2021 - 08:45 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Tingginya intensitas hujan yang terjadi pada Selasa subuh, 23 Maret 2021 hingga pagi hari menyebabkan debit Sungai Bengaris meluap. Dampaknya, puluhan rumah dan beberapa jalan di Kota Muara Teweh kebanjiran. 

Selain subuh tadi, hujan dengan intensitas yang cukup tinggi terjadi dalam beberapa hari ini di Kabupaten Barito Utara, hingga menyebabkan debit Sungai Barito semakin meningkat. Hal inilah yang kemudian mengakibatkan air Sungai Bengaris tidak dapat mengalir ke Sungai Barito.

Adapun beberapa perumahan warga yang terkena banjir akibat meluapnya Sungai Bengaris yakni di sekitar Jalan Ronggolawe, belakang kantor Pemda, Jalan A Yani, Jalan Belakang Pemda, dan beberapa wilayah di sekitar jalur Sungai Bengaris.

Padahal, pemerintah daerah baru-baru ini telah memasang pompa sedot di Sungai Bengaris untuk mengantisipasi banjir. Diduga, upaya itu tidak dapat mangatasi luapan air yang terjadi.

Salah satu warga, Anis mengungkapkan bahwa dalam beberapa hari ini memang sering terjadi hujan yang cukup lebat pada malam hingga pagi hari.

Dia menuturkan, air Sungai Barito yang terus meningkat kedalamannya menyebabkan air di Sungai Bengaris tidak dapat mengalir dengan baik. Ketinggian air yang meluap di permukiman warga dan jalan-jalan mencapai 50 sentimeter, tergantung dengan daerahnya.

"Kemungkinan akan terjadi banjir lagi, apabila hujan. Karena Sungai Barito debit airnya sangat tinggi," katanya.

Namun demikian, dia berharap, banjir ini dapat segera surut dan aktivitas warga kembali berjalan normal. (RAMADHANI/B-7)

Berita Terbaru