Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Gresik Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Panen Perdana Budidaya Ikan Bioflok di Kelurahan Banturung Capai 2 Ton

  • Oleh Hendri
  • 23 Maret 2021 - 15:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Hasil panen perdana budidaya ikan bioflok milik kelompok budidaya Katone Lestari Jaya Raya di Kelurahan Banturung, Kecamatan Bukit Batu mencapai 2 ton.

Kepala Dinas Perikanan Kota Palangka Raya, Indriarti Ritadewi mengatakan bantuan bioflok serta bibit ikan jenis lele tersebut baru diserahkan kementerian pada akhir tahun 2020. Dan itu sudah panen dalam waktu kurang dari 4 bulan dengan hasil yang melimpah.

"Sangat luar biasa karena bibit ikan lele yang ditebar sejak 14 Desember 2020 hingga Maret 2021m enghasilkan panen hingga 2 ton, hanya dari 8 kolam," kata dia, Selasa 23 Maret 2021.

Panen perdana minggu lalu dihadiri Dirjen Perikanan Budidaya KKP, Slamet Soebjakto, Direktur LPMUKP KKP Syarif Syahril, Kepala BPBAT Mandi Angin, Andy Artha Donny Oktopura serta Kepala Dinas Kelautan Kalteng H Darliansjah.

"Pejabat kementerian yang melihat hasilnya waktu itu kagum karena kelompak budidaya berhasil membudidayakan ikan dengan sistem Bioflok," ungkapnya.

Dia menambahkan, di tahun 2020 dari 6 kelompok di sana 3 di antaranya menerima bantuan Bioflok serta bibit ikan lele. Sedangkan tiga lainnya mendapat bantuan berupa ikan hias.

“Kami berharap bantuan yang telah diberikan dapat terus dikembangkan, sehingga dapat menambah pendapatan Pokdakan. Selain itu juga dapat menjadi contoh serta semangat kepada Pokdakan lainnya," pungkasnya. (HENDRI/B-11)

Berita Terbaru