Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Rumah Sakit Pratama Tumbang Samba Diharapkan Cakup Layanan Sejumlah Kecamatan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 25 Maret 2021 - 07:00 WIB

BORNEONEWS - Kasongan - Adanya Rumah Sakit atau RS Pratama Tumbang Samba Kecamatan Katingan Tengah, Kabupaten Katingan diharapkan mencakup layanan kesehatan di sejumlah wilayah kecamatan lain terutama di bagian Utara atau hulu Katingan. 

Hal ini diutarakan Bupati Katingan Sakariyas saat peletakan batu pertama pembangunan RS Pratama Tumbang Samba, Rabu,  24 Maret 2021.

Bupati mengatakan, saat ini, Pemerintah Kabupaten Katingan telah mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat berupa dana DAK fisik atau dana alokasi khusus tahun anggaran 2021.

"Kami alokasikan untuk pembangunan Rumah Sakit Pratama di wilayah Utara ini,  dan kami berharap dapat mencakup pelayanan kesehatan di beberapa kecamatan lainnya, " sebut Sakariyas. 

Sejumlah wilayah kecamatan yang bakal dapat mengakses layanan kesehatan di rumah sakit ini,  yakni Katingan Tengah,  Sanaman Mantikei,  Petak Malai,  Marikit,  Katingan Hulu dan Kecamatan Bukit Raya.

Sakariyas menuturkan, rumah sakit tersebut hadir dalam rangka pemerataan fasilitas kesehatan untuk masyarakat, terutama warga miskin dan tidak mampu serta daerah yang belum tersedia rumah sakit, atau rumah sakit yang telah ada sulit dijangkau akibat kondisi geografis. 

Bupati Sakariyas juga berharap masyarakat tidak lagi mengalami kesulitan dalam mendapatkan pelayanan kesehatan terutama pasien rujukan dari puskesmas di wilayah Utara. Sehingga, dapat menekan angka kematian pasien sebagai akibat jauh dari akses kesehatan lanjutan.

"Rumah Sakit Pratama Tumbang Samba adalah rumah sakit umum yang mempunyai fasilitas dan kemampuan pelayanan kesehatan timgkat pratama dan spesialis dasar yang memberikan pelayanan gawat darurat,  pelayanan rawat jalan,  rawat inap serta pelayanan penunjang dasar lainnya, " tutur Bupati Sakariyas. (ABDUL GOFUR/B-7)

Berita Terbaru