Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Labuhan Batu Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perkebunan Berperan Penting dalam Pembangunan Perekonomian Nasional Indonesia

  • Oleh Testi Priscilla
  • 25 Maret 2021 - 10:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Direktur Utama Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit atau BPDPKS, Eddy Abdurrachman mengatakan, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2014 tentang Perkebunan, perkebunan berperan penting dan memiliki potensi besar dalam pembangunan perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan kemakmuran dan kesejahteraan rakyat secara berkeadilan.

"Perkebunan dalam hal ini adalah segala kegiatan pengelolaan sumber daya alam, sumber daya manusia, sarana produksi, alat dan mesin, budidaya, panen, pengolahan, dan pemasaran terkait Tanaman Perkebunan," kata Eddy pada Kamis, 25 Maret 2021.

Komoditas Perkebunan strategis menurut Eddy, sebagaimana dimaksud pada Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2015 tentang Penghimpunan Dana Perkebunan adalah kelapa sawit, kelapa, karet, kopi, kakao, tebu dan tembakau.

"Terkait dengan salah satu komoditas perkebunan strategis yaitu kelapa sawit, saat ini Indonesia merupakan salah satu produsen minyak sawit terbesar di dunia," bebernya.

Kelapa sawit, katanya, merupakan salah satu komoditi yang diharapkan mampu memberikan kontribusinya dalam perekonomian yang berasal dari sub-sektor perkebunan.

"Namun, di dalam perkembangannya, industri dan perkebunan kelapa sawit Indonesia banyak mendapatkan tantangan dari dalam maupun luar negeri," tutur Eddy. (TESTI PRISCILLA/B-7)

Berita Terbaru