Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sintang Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Barito Utara Ikuti Peringatan Peringatan Hari Tuberkulosis Sedunia

  • Oleh Ramadani
  • 25 Maret 2021 - 19:36 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Pemerintah Kabupaten Barito Utara secara virtual mengikuti Peringatan Hari Tuberkulosis yang dilaksanakan di aula dinas kesehatan lantai II, Rabu 24 Maret 2021.

Kegiatan ini dihadiri Kepala Bappedalitbang, Drs Muhlis beserta Kabid, Sekretaris Dinkes, Bidang P2M, dan Kabid Kominfo Persandian. Peringatan yang digelar membahas perkembangan dan program penanggulangan TB di Indonesia.

Kepala Bappedalitbang, Muhlis mengatakan pemerintah sangat berharap sekali bahwa penanganan TBC bisa tuntas untuk Kabupaten Barito Utara dan hal ini merupakan bagian dari peningkatan upaya kesehatan masyarakat.

"Dari data tahun lalu, terdapat 52 orang yang terduga TB. Yang betul-betul sembuh dua orang, sedangkan yang lainnya masih dalam proses penyembuhan," katanya.

Saat ini kendala yang dihadapi di lapangan yakni masyarakat masih tidak begitu serius menganggap masalah penyakit TB.

Kadis Kesehatan melalui Kepala Seksi Penanggulangan Penyakit Menular, Domi mengatakan sangat penting sekali program TB Paru ini, menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk memeriksakan diri dan cek kesehatan di sarana kesehatan terdekat.

"Apabila terindikasi TB harus diobati secara tuntas, karena kalau tidak diobati secara tuntas otomatis nanti TB ini akan kembali kambuh," jelasnya.

Sebelumnya, Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin mengatakan Pemerintah berkomitmen untuk mewujudkan Indonesia bebas TBC, dengan target eliminasi TBC pada 2030 berfokus pada tindakan pencegahan penularan TBC.

Ketua Dewan Pembina Stop TB Partnership Indonesia Ir Aripin Panigoro, mengatakan bahwa secara global Indonesia masuk peringkat penyakit terbesar ketiga.

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin menginginkan di Indonesia di 2030 penderita TB bisa menurun. (RAMADHANI/B-6)

Berita Terbaru