Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumba Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Gunung Mas Sebut Musrenbang untuk Satukan Aspirasi

  • Oleh Magang 1
  • 26 Maret 2021 - 17:41 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Bupati Gunung Mas, Jaya S Monong mengatakan musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) merupakan momentum penting untuk menyatukan pola pikir atau aspirasi dari berbagai unsur pelaku pembangunan.

“Musrenbang juga untuk mengintegrasikan berbagai pola pikir atau aspirasi tadi dengan berbagai bidang urusan pemerintahan,” ujarnya saat membuka Musrenbang Kabupaten Gumas, di GPU Damang Batu Kuala Kurun, Jumat 26 Maret 2021.

Dia menuturkan yang dimaksud dengan berbagai bidang urusan pemerintahan adalah baik itu yang merupakan urusan wajib maupun urusan pilihan, serta yang bersifat sektoral maupun lintas sektoral dari pemerintah atasan.

Pemkab Gumas menyadari akan pentingnya kualitas perencanaan, karena tidak dapat dipungkiri bahwa tingkat capaian kinerja atau keberhasilan pembangunan sangat ditentukan oleh kualitas perencanaan itu sendiri.

“Kita berkomitmen untuk selalu mengedepankan hasil-hasil rumusan perencanaan pembangunan atau hasil musrenbang dalam penyusunan Rancangan APBD Kabupaten Gumas,” imbuhnya.

Untuk itu Bupati Gumas menghimbau pada semua kepala perangkat daerah agar benar-benar memperhatikan hasil musrenbang, sehingga nantinya dapat menyerap dan mengalokasikan kegiatan secara prioritas dan proporsional sesuai kebutuhan.

Dengan pola demikian, maka perlakuan pengalokasian anggaran nanti dapat mencerminkan prinsip money follow priority programme.

Program dan kegiatan atau sub kegiatan strategis yang memang menjadi prioritas, yang seharusnya mendapatkan anggaran.

Pola tersebut dirasa tepat dalam mengantar program dan kegiatan/sub kegiatan yang langsung dirasakan oleh masyarakat dan proses perencanaan demikian akan lebih tematik atau terfokus, holistik atau menyeluruh, integrasi atau terpadu dan  spasial atau ruang/lokasi yang jelas.

“Jadi proses perencanaan dengan pendekatan pendekatan ini, diharapkan mampu meningkatkan efektivitas dan efisiensi sasaran agenda prioritas pembangunan, baik nasional maupun daerah,” tukasnya. (MAGANG/B-6)

Berita Terbaru