Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PUPR Kobar Terus Godok Rencana Penggunaan Aspal Karet

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 26 Maret 2021 - 20:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar), melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), terus menggodok secara intensif rencana pemanfaatan aspal karet untuk pembangunan jalan daerah.

Kepala Dinas PUPR Kobar Juni Gultom mengatakan, terkait dengan teknologi aspal karet yang pertama memang sudah dikembangkan di Thailand dan sesuai dengan Instruksi Presiden dan Menteri Dalam Negeri, bahwa daerah - daerah juga supaya mengembangkan penggunaan teknologi aspal karet.

"Pada prinsipnya, secara rasional Aspal Karet sudah mulai dikembangkan, namun di Kotawaringin Barat ini belum. Rencananya akan kita terapkan di Kobar pada 2022," kata Juni Gultom, Jumat.

Juni Gultom menyampaikan, bahwa bahan latex ini nanti masih didatangkan dari luar daerah belum dari Kobar. Namun demikian, pada akhirnya nanti aspal karet ini bisa dikembangkan di Kobar, maka akan menjadi potensi besar dalam rangka meningkatkan pendapatan petani di Kobar dan di Kalimantan Tengah pada umumnya.

Untuk saat ini, pihaknya masih melakukan kajian - kajian kemungkinan yang terjadi, dengan bekerjasama dengan peneliti Aspal Karet di Bogor yang memang pemproduksi latex.

"Kita sudah berkomunikasi dengan pihak penyedia aspal yang bisa mencampur Aspal karetnya, tinggal nanti kita implementasikan di Kabupaten, karena secara kualitas Aspar Karet ini umurnya bisa 50 persen lebih kuat dari aspal biasa. Jadi aspalnya itu bisa lebih fleksibel," pungkasnya. (DANANG/B-5)

Berita Terbaru