Software Monitoring dan Evaluasi Pemenangan Pilkada 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wakil Ketua DPRD: Harus Ada Kajian untuk Selesaikan Konflik di Kabupaten Kotim

  • Oleh Naco
  • 27 Maret 2021 - 14:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Wakil Ketua DPRD Kotawaringin Timur (Kotim), Rudianur mendorong agar ada kajian untuk penyelesaian semua konflik dengan investasi di daerah ini. Salah satunya seperti sengketa lahan.

Dia mengatakan, persoalan sengketa lahan antara perusahaan dan masyarakat ini seakan tidak pernah ada habisnya hingga saat ini. 

"Setiap hari selalu ada dan cenderung bertambah. Harus kita cari akar penyelesaian untuk konflik yang terus terjadi ini," kata Rudianur, Sabtu, 27 Maret 2021.

Dia menilai ada yang salah dalam sistemnya selama ini. Dia melihat seakan konflik ini tidak pernah ada yang selesai dan tuntas. 

"Padahal ada yang sudah selesai tetapi ada lagi muncul konflik lainnya.” kata Rudianur.

Dia memaklumi jika persoalan itu sebatas menuntut hak masyarakat terkait realisasi kewajiban plasma, sengketa lahan antara perusahaan dengan perorangan dan kelompok tani, selain itu juga penggarapan lahan masyarakat di kuar izin hak guna usaha.

Rudianur berupaya bersama dengan Pemkab Kotim untuk bisa secepatnya menyelesaikan persoalan itu supaya tidak menumpuk.

Dia juga mengapresiasi langkah-langkah konkret dari pemerintah kabupaten setempat yang sigap menyelesaikan. Tetapi ada juga sejumlah masalah justru seperti diabaikan, meski sudah beberapa kali disurati masyarakat hingga ada rekomendasi di DPRD.

“Persoalannya kadang rekomendasi dari DPRD ini dianggap sepele dan diabaikan. Di satu sisi, rekomendasi ini tidak ada implikasi hukum ketika tidak dilaksanakan. Hal ini yang membuat eksekutif kadang mengabaikannya. Seandainya rekomendasi ini punya kekuatan hukum memaksa, maka saya yakin segala persoalan in cepat selesainya," pungkas Rudianur. (NACO/B-11)

Berita Terbaru