Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Jember Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Pariwisata Lamandau Resmikan Pokdarwis Kubau Mandang Desa Lubuk Hiju

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 28 Maret 2021 - 06:00 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Dinas Pariwisata Kabupaten Lamandau resmi membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kubau Mandang, Desa Lubuk Hiju, Kecamatan Menthobi Raya.

Diresmikannya Pokdawis Kubau Mandang ditandai dengan penyerahan surat keputusan oleh Kepala Dinas Pariwisata Lamandau Meigo Basel kepada pengurus Pokdarwis Kubau Mandang yang diketuai oleh Salomo bertempat di Balai Desa Lubuk Hiju, Rabu 25 Maret 2021.

Penyerahan SK ini juga bersamaan dengan peninjauan lapangan yang dilakukan Dispar Lamandau terhadap persiapan calon destinasi wisata unggulan berbasis alam di Desa Lubuk Hiju yakni Bukit Kubau.

Kepala Dinas Pariwisata Lamandau, Meigo Basel mengaku bangga atas upaya pemerintah Desa Lubuk Hiju yang sudah mulai memperlihakan kesungguhannya dalam mengelola sektor pariwisata.

Dia juga berharap agar pokdarwis yang baru terbentuk itu melakukan berbaga inovasi sekalipun kini masih kondisi pandemi Covid-19.

"Meski sekarang kondisinya masih pandemi Covid-19 tapi persiapan kepariwisataan tetap dapat dilakukan dan salah satu wujud yang telah diperlihatkan oleh pemdes Lubuk Hiju saat ini misalnya yakni membuat sejenis shalter di bahu Bukit Kubau. Saya salut dan bangga dengan inisiatifnya, semoga ada banyak inovasi lain, sehingga pada saatnya nanti kita betul-betul siap menyambut wisatawan" katanya.

Meigo memastikan meski Lubuk Hiju berada di zona III kepariwisataan di Lamandau, namun pemkab Lamandau termasuk Dispar siap memberikan support untuk mendukung pengembangan calon destinasi wisata unggulan, misalnya dalam upaya pendampingan terhadap pokdarwis melalui peningkatan kualitas dan kuantitas sumberdaya manusia.

Semetara itu Ketua Pokdarwis Kubau Mandang Desa Lubuk Hiju, Salomo berharap dengan adanya SK ini bisa kian memacu semangat masyarakat Lubuk Hiju untuk terus mengembangkan sektor wisata.

Menurutnya ada banyak sektor wisata yang bisa dikembagkan di Desa Lubuk Hiju, termasuk yang objek wisata alam Bukit Kubau, salahsatu bukit tertinggi di Lamandau.

"Selain wisata alam Bukit Kubau, di desa kami (Lubuk Hiju) juga banyak objek wisata a berbasis alam maupun nonalam yang memiliki potensi luar biasa jika dikembangkan dengan serius dan secara bersama-sama," katanya.

Berita Terbaru