Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Raja Ampat Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Forum Kabupaten Kota Sehat Kobar Harus Perkuat Program Kegiatan

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 28 Maret 2021 - 18:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Forum Kabupaten atau Kota Sehat (KKS) di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melalui pendampingan oleh tim pembina yang dipimpin Bappeda Kobar, diharapkan mampu merumuskan dan memperkuat program kegiatan yang terintegrasi, serta disepakati masyarakat dan pemerintah.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Bupati Kobar Nurhidayah saat memimpin rapat koordinasi KKS tahun 2021 belum lama ini. Rapat tersebut dilakukan secara daring dan luring, sebagai bagian persiapan verifikasi kabupaten sehat tahun 2020-2021.

"Sudah selayaknya kita harus memperkuat program kegiatan, sehingga upaya pemberdayaan dan partisipasi masyarakat dalam mewujudkan kabupaten kota sehat akan semakin kokoh," kata Nurhidayah.

Disampaikannya, bahwa kabupaten/kota sehat adalah suatu kondisi kabupaten/kota yang bersih , nyaman, aman dan sehat untuk di huni penduduk, yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan, dengan kegiatan yang terintegrasi.

"Apalagi di masa pandemi ini, tampilnya forum KKS tingkat kabupaten, sampai tingkat kelurahan dan desa, sangat strategis dalam meningkatkan ketahanan kesehatan masyarakat," ungkapnya.

Lebih lanjut, Nurhidayah menjelaskan, keterpaduan program pemerintah akan lebih bermakna manakala terus bersinergi dengan berbagai elemen penggerakan masyarakat, yakni forum Kabupaten Kotawaringin Barat Sehat.

Dalam kesempatan tersebut, Nurhidayah juga meminta para camat, bisa mengkoordinasikan dan membina melalui pembentukan pokja - pokja di desa dan kelurahan, paling lambat pada 7 April 2021, sebagai upaya mencapai target di indikator KKS.

Kemudian Kepada dinas terkait, Nurhidayah juga mengharapkan untuk merealisasikan semua target, sekaligus menyiapkan data dukung administrasi yang legkap, sebagai bentuk laporan pelaksanaan tugas.

"Perangkat daerah yang mengampu kegiatan operasional agar bisa mengatur prioritas kegiatan pada keterkaitan KKS, sesuai yang direncanakan serta melakukan penguatan untuk mendukung berbagai inovasi," tutup Nurhidayah. (DANANG/B-7)

Berita Terbaru