Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Denpasar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggota Polsek Basarang Gencar Ajak Masyarakat Cegah Karhutla

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 28 Maret 2021 - 19:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Anggota Polsek Basarang terus gencar mengajak masyarakat setempat dalam mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla), Minggu, 28 Maret 2021.

Dalam ajakan tersebut, petugas juga menyosialisasikan maklumat Kapolda Kalteng tentang sanksi pidana terhadap pembakaran hutan dan lahan di wilayah Kalimantan Tengah.

"Kami berharap dengan ajakan dan sosialisasi yang gencar ini bisa mengantisipasi terjadinya karhutla," kata Kapolsek Basarang Ipda Suroto.

Kapolsek menambahkan, berdasarkan maklumat Kapolda Kalteng ini, sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 04 Tahun 2001 bahwa membakar hutan dan lahan merupakan kejahantan yang berdampak kerusakan lingkungan, masalah kesehatan dan terganggunya kegiatan masyarakat lainnya.

“Juga terdapat sanksi pidana terhadap pelaku pembakaran hutan dan lahan berdasarkan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku," ucapnya.

Selain itu, kegiatan ini sekaligus juga dilakukan sosialisasi penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran covid-19 yang saat ini masih terjadi.

"Di sela kegiatan juga kami sampaikan kepada masyarakat menerapkan prokes, terutama dalam menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-7)

Berita Terbaru