Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ngawi Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Debit Air Sungai Katingan di Kasongan Terus Meluap

  • Oleh Abdul Gofur
  • 29 Maret 2021 - 17:50 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Debit air Sungai Katingan di wilayah Kasongan sejak dua hari terakhir menunjukkan peningkatan. Bahkan, luapan air sungai mulai menggenangi halaman permukiman warga sekitar.

Dari pantauan, Senin, 29 Maret 2021 di sekitar Jembatan Sei Katingan, arus air Sungai Katingan tampak kencang mengalir ke hilir. Pekarangan rumah warga yang ada di kanan atau kiri sungai terendam.

Meski tidak terlalu dalam, air sungai yang merendam pekarangan rumah itu dikeluhkan warga. Apalagi, tidak sedikit tanaman yang ikut terendam.

Terkait hal tersebut, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Katingan, Roby mengaku curah hujan menunjukkan peningkatan dampak fenonema El Nino.

"Menurut BMKG, di wilayah Kalteng termasuk Kabupaten Katingan ini terpengaruh El Nino. Ada siklus musim dengan kurun waktu Januari - Mei 2021," sebut Roby.

Fenomena itu dicontohnya seperti saat cuaca panas, kemudian ada hujan ekstrem disertai angin kencang. Selain itu, diperkirakan juga musim kemarau baru terjadi pada minggu ke empat Mei 2021.

Dia menambahkan, luapan air Sungai Katingan masih dalam tahap wajar, artinya belum ada laporan rumah warga tenggelam ataupun menimbulkan korban. (ABDUL GOFUR/B-11)

Berita Terbaru