Aplikasi Pemetaan Suara & Manajemen Pemenangan Pilkada

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Orangutan Masuk Kebun Warga Kumai

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 30 Maret 2021 - 12:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Warga Kelurahan Candi, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), dibuat resah, dengan munculnya kawanan orangutan yang masuk ke kebun kelapa milik warga.

Disampaikan oleh salah satu pemilik kebun kelapa bernama Jumar, setidaknya ada dua ekor orangutan masuk ke kebun miliknya pada Senin, 29 Maret 2021 kemarin. Dikhawatirkan hari ini orangutan tersebut kembali ke kebunnya.

"Itu kalau ngga segera diamankan, dikhawatirkan membahayakan masyarakat dengan tanaman yang ada bisa rusak semua," kata Jumar saat dihubungi Borneonews, Selasa, 30 Maret 2021.

Jumar menyampaikan, bahwa setidaknya sudah ada 3 pohon kelapanya yang rusak, lantaran umbut pohon kelapanya dimakan oleh orangutan. Jika tidak segera dievakuasi, bisa jadi orangutan akan kembali dan memakan dan merusak tumbuhan lain seperti kebun pisang yang tak jauh dari kebun kelapa.

"Kami menduga, orangutan ini susah cari makan kemudian mereka masuk ke kebun warga yang dekat dengan hutan," ungkapnya.

Dijelaskannya bahwa memang kebun miliknya berdekatan dengan pagar batas kawasan PLTD yang masih ada hutannya. Kemungkinan, orangutan tersebut tidur di hutan itu.

Selain daripada orangutan, beberapa kawanan bintang liar yang meresahkan warga sekitar adalah monyet dan beruk.

"Kami sangat berharap petugas terkait agar dapat mengevaluasi binatang yang dilindungi tersebut, jangan sampai nanti terjadi hal - hal yang tidak diinginkan," pungkasnya. (DANANG/B-5)

Berita Terbaru