Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Barru Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DKPP Sukamara Akan Uji Coba Sistem Tanam Padi 3 Kali Setahun

  • Oleh Norhasanah
  • 30 Maret 2021 - 14:55 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Sukamara akan melakukan uji coba tanam padi tiga kali setahun atau Indek Pertanaman IP300 di lahan pertanian Desa Sungai Pasir, Kecamatan Pantai Lunci.

"Untuk 3 kali tanam dalam sehatun ini sebenarnya sudah ditetapkan di lokasi Transmigrasi Desa Pulau Nibung, dan rencananya pada tahun ini akan kita coba dilaksanakan di lahan pertanian Desa Sungai Pasir," kata Kepala Bidang Pertanian DKPP Sukamara, Maryandi, Senin, 29 Maret 2021.

Lanjutnya, untuk bisa menerapkan sistem IP300 persen, maka pengelolaan lahan juga dilakukan secara masksiml, yakni dengan mengolah lahan, perawatan tanaman yang baik hingga pemilihan bibit tanaman, mengingat umur tanam hanya berkisar 4 bulan.

"Untuk di Desa Sungai Pasari saat ini sudah mulai menggunakan alat-alat pertanian, sehingga pengelolaan lahan pertanian sudah bagus dan hasilnya bisa maksimal," ujar Maryadi.

Dengan meningkatnya sistem pengolahan lahan pertanian yang dilakukan di lahan pertanian Desa Sungai Pasir, ia berharap dapat berdampak pada hasil panen padi yang mampu mencapai 4,4 ton perhektar atau lebih.

"Target untuk hasil panen kita adalah 5 ton perhektar, dan sekarang sudah mampu 4,4 ton. Sehingga, dengan penggunaan bibit unggul yang diberikan, maka secara bertahap juga bisa dilakukan," tutupnya. (NORHASANAH/B-7)

Berita Terbaru