Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Blitar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sistem Irigasi yang Baik Bisa Maksimalkan Produktivitas Pertanian

  • Oleh Norhasanah
  • 30 Maret 2021 - 17:50 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Sistem pengairan dan irigasi di lahan pertanian di Kabupaten Sukamara baik akan memaksimalkan produktivitas. Paslanya, pertanian tidak akan terganggu dengan perubahan musim.

"Kalau pengairan dan irigasinya bisa maksimal, meskipun saat musim tanam tiba-tiba kondisi cuaca berubah, maka tidak akan berpengaruh," kata Kabid Pertanian Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Sukamara, Maryadi, Selasa, 30 Maret 2021.

Dia mengatakan, untuk mengatasi masalah irigasi dan pengairan di persawahan, maka perlu adanya kerjasama dengan dinas terkait.

"Pengembangan lahan pertanian saat ini memang lebih banyak berada di wilayah pantai, sehingga pengelolaan sistem pengairan menjadi faktor yang sangat berperan untuk keberhasilan petani," ujarnya.

Dia menjelaskan, terkait dampak adanya pasang surut air laut, sistem pengairan memang harus maksimal. Karena tanaman padi yang terendam air laut, tumbuhnya tidak akan maksimal.

"Petani berharap dibangunkan atau dibuatkan pintu air, sehingga saat air pasang maka bisa dikendalikan. Begitu juga saat musim hujan dan kemarau, sistem pengairan sawah tetap bisa diatur," ucap Maryadi. (NORHASANAH/B-11)

Berita Terbaru