Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Bandung Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Barito Timur Pimpin Musrenbang Tingkat Kabupaten

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 31 Maret 2021 - 01:31 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Bupati Barito Ampera AY Mebas memimpin kegiatan musyawarah perencanaan pembangunan atau musrenbang tingkat kabupaten, Selasa, 30 Maret 2021.

Musrenbang yang digelar secara virtual tersebut diikuti Ketua dan Wakil Ketua DPRD serta Wakil Bupati Barito Timur, forkompinda, sekda, asisten sekda, staf ahli bupati, kepala SOPD, BPS, camat, lurah, perbankan dan undangan lainnya.

Saat menyampaikan pokok arahannya, Ampera menjelaskan perencanaan pembangunan dilakukan melalui pendekatan partisipatif dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan.

"Selain itu dengan pendekatan top down (atas bawah) dan bottom up (bawah atas) melalui penyelarasan usulan program kegiatan hasil musrenbang desa atau kelurahan, kecamatan, sampai dengan kabupaten sebagai dasar pada penyusunan Rancangan RKPD yang di dalamnya memuat substansi berbagai kebijakan, program kegiatan yang diusulkan pada belanja APBD kabupaten," ujarnya.

Ampera melanjutkan melalui pelaksanaan musrenbang diharapkan dapat kebijakan menghasilkan program atau kegiatan yang partisipatif dan selaras dengan prioritas pembangunan provinsi maupun nasional.

"Sesuai UU Nomor 23 Tahun 2014 diamanahkan bahwa penyelenggaraan pemerintahan daerah diarahkan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan dan pemerataan pendapatan masyarakat, kesempatan kerja, lapangan berusaha, meningkatkan akses dan kualitas pelayanan publik serta daya saing daerah," imbuhnya.

Menurutnya masyarakat, pemerintah dan swasta merupakan elemen penting dalam merumuskan pembangunan yang tepat sasaran.

Oleh karena itu dibutuhkan aspirasi dari para pemangku kepentingan sebagai variabel dalam penetapan program prioritas pembangunan yang berorientasi pada pemenuhan dan pemerataan hak-hak dasar masyarakat yang berkeadilan dan berkesinambungan untuk dituangkan dalam rancangan rencana kerja pemerintah daerah atau RKPD 2022.

"Sebagai bentuk korelasi antara substansi RKPD dengan kerangka pendanaan dalam RKPD, maka dukungan partisipasi sumber daya masyarakat dan sumber pendanaan lainnya adalah elemen penting yang harus diupayakan untuk mendukung pembiayaan pembangunan, disamping pembiayaan yang bersumber dari APBD Barito Timur," tutupnya. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru