Aplikasi Pilkada Terintegrasi dengan Excel

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wabup Ajak Pemangku Kepentingan Komitmen pada Perlindungan Perempuan dan Anak

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 31 Maret 2021 - 15:30 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Wakil Bupati Barito Timur Habib Said Abdul Saleh mengajak seluruh stakeholder atau pemangku kepentingan untuk berkomitmen pada perlindungan perempuan dan anak.

Ajakan ini disampaikan saat membuka sosialisasi Peraturan Daerah Barito Timur Nomor 5 Tahun 2019 tentang Perlindungan Perempuan dan Anak yang digelar oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana atau DP3AKB Kabupaten Barito Timur, Rabu, 31 Maret 2021.

"Pemerintah Kabupaten Barito Timur berkewajiban untuk menyelenggarakan perlindungan perempuan dan anak dalam payung hukum berupa perda perlindungan perempuan dan anak," ujar Wabup di aula dinas pendidikan, Tamiang Layang.

Perda ini mengatur upaya perlindungan bagi korban khususnya dalam hal pencegahan, pelayanan dan pemberdayaan terhadap perempuan dan anak korban kekerasan di Kabupaten Barito Timur.

Karena itu, lanjut dia, sosialisasi perda tersebut menjadi awal yang baik untuk terjalinnya kerja sama yang harmonis antarsemua pihak terkait, sehingga upaya perlindungan perempuan dan anak dapat memperoleh hasil yang optimal.

Sosialisasi juga dilaksanakan untuk penyebarluasan produk hukum daerah sebagai bentuk kepedulian pemerintah daerah dalam upaya peningkatan perlindungan perempuan dan anak untuk menuju kabupaten layak anak.

"Praktek kekerasan terhadap perempuan dan anak di Barito Timur sudah sangat memprihatinkan, sehingga menimbulkan keresahan bagi masyarakat yang menjunjung tinggi nilai-nilai harkat dan martabat kemanusiaan yang adil dan beradab. Untuk itu, perlu dipikirkan jalan keluar dengan penanganan serius dari semua stakeholder," ungkap Wabup.

Sosialisasi tersebut juga dihadiri oleh Ketua DPRD, Ketua Komisi II DPRD, Kepala Dinas P3AKB, perwakilan Polres Barito Timur, Pengadilan Negeri dan Rutan Tamiang Layang, dan instansi terkait lainnya. (BOLE MALO/B-7)

Berita Terbaru