Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Pematangsiantar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DKPP Barito Selatan Laksanakan Restocking 20 Ribu Benih Ikan Lokal

  • Oleh Uriutu
  • 31 Maret 2021 - 18:45 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPP) Barito Selatan pada tahun 2021 ini bakal menebar 20 ribu bibit ikan lokal.

“Pada tahun 2021 ini kita merencanakan restocking benih ikan local seperti patin, papuyu, dan lele,” kata Kepala DKPP Barsel, Dekma, Rabu, 31 Maret 2021.

Ia mengatakan, penebaran benih ikan lokal awalanya direncanakan pada 8 lokasi. Namun karena keterbatasan anggaran untuk penanganan covid-19, maka hanya dilakukan di Danau Malawen.

Pihaknya berharap, ke depannya bisa me-restocking sebanyak 1 juta ekor benih ikan seperti tahun 2015 lalu.

Ia menjelaskan restocking tersebut dilaksanakan setiap tahun. Hanya bedanya pada tahun 2020 - 2021 ini diterpa pandemi covid-19, sehingga ada keterbatasan anggaran untuk benih bibit ikan.

Dia menjelaskan, penebaran benih ikan ini untuk keseimbangan ekositem sumber daya perairan yang ada di wilayah Barsel. Diharapkan juga, masyarakat bisa membentuk kelompok budidaya ikan, karena nantinya bisa mengajukan proposal untuk bantuan ke DKPP.

"Nantinya akan kita akomodir sesuai dengan bibit ikan yang tersedia, Namun jika perorangan, kami tidak bisa membantu,” jelas dia. (URIUTU DJAPER/B-11)

Berita Terbaru