Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kendal Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kantor Pertanahan Barito Selatan Targetkan 5.593 Bidang PTSL

  • Oleh Uriutu
  • 31 Maret 2021 - 19:35 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Kantor Pertanahan Barito Selatan, menargetkan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) berbasis Partisipasi Masyarakat (PM) dan Aparatur Sipil Negara (ASN) sebanyak 5.593 bidang pada tahun 2021 ini.

“Kita dapat program PTSL PM dan ASN sebanyak 5.593 bidang untuk wilayah Barito Selatan,” kata Kepala Kantor Pertanahan Barsel, Akhmad Bajuri, Rabu, 31 Maret 2021.

Ia mengatakan, untuk PTSL PM yang melakukan pengukuran dari pemenang lelang berada di 12 desa. Rinciannya, 8 desa di Kecamatan Dusun Utara, 1 desa Kecamatan Jenamas, dan 3 Desa di Kecamatan Dusun Selatan.

Adapun 8 desa tersebut yakni, Desa Gunung Rantau, Pendang, Talekoi, Hingan, Hulu Tampang, Tarusan, Majundre, Desa Panarukan, Rantau Kujang, Muara Ripung, Danau Masura, dan Mabuan.

“Untuk jumlah PTSL berbasis partisipasi masyarakat di 12 desa tersebut sebanyak 3.073 bidang,” beber dia.

Kemudian PTSL ASN ada 9 Desa. Dengan rincian 3 desa dari Kecamatan Dusun Selatan dan 6 desa dari Kecamatan Dusun Utara, dengan total 2.520 bidang.

“Kita optimis program PTSL ini akan tercapai. Karena tahun kemarin, 5.000 bidang lebih tercapai,” ucap dia.

Adapun syarat yang wajib dipenuhi, yakni memasang tanda batas, merintis batas, menyiapkan surat-surat tanah dan menyiapkan meterai.

“Semuanya gratis, kecuali persyaratan tadi karena harus menyiapkan materai beli sendiri,” imbuhnya.

Dia pun berharap masyarakat proaktif  agar pada saat pengukuran tidak ada masalah. (URIUTU DJAPER/B-11)

Berita Terbaru