Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ponorogo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kotim Gelar Workshop Pembangunan Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 01 April 2021 - 15:15 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), menggelar workshop pembangunan perkebunan kelapa sawit berkelanjutan di daerah ini.

"Kegiatan ini kami laksanakan, untuk menyamakan persepsi dalam menjalankan instruksi presiden, terkait pengembangan perkebunan kelapa sawit tingkat kabupaten/kota," ujar Wakil Bupati Kotim Irawati, Kamis, 01 April 2021.

Pemerintah pusat telah mengeluarkan kebijakan berupa Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2019. Amanat di dalamnya salah satunya menginstruksikan kepada bupati/wali kota untuk menyusun rencana aksi perkebunan kelapa sawit berkelanjutan. Serta menetapkan dalam berbagai kebijakan pemerintah daerah terkait dengan perkebunan kelapa sawit.

Menindaklanjuti hal tersebut, pemerintah Kotim telah menyusun rencana aksi daerah perkebunan kelapa sawit berkelanjutan yang telah ditetapkan melalui Peraturan Bupati Nomor 39 Tahun 2020.

"Kami pemerintah daerah merespon cepat terhadap berbagai kebijakan yang berkaitan dengan perkebunan kelapa sawit," kata Irawati.

Dirinya juga menjelaskan bahwa lahan perkebunan kelapa sawit di Kotim saat ini merupakan salah satu yang terbesar di Indonesia. Sehingga, mereka akan berupaya untuk mengembangkan perkebunan kelapa sawit rakyat.

"Tim pelaksana Perbup tersebut juga telah disusun dan disahkan, melalui keputusan Bupati Kotim No 188.45/0032HUK-DISTAN/2021," terang Irawati. (MUHAMMAD HAMIM/B-7)

Berita Terbaru