Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bangka Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggota DPRD: Jalan di Kotim Minim Rambu Lalu Lintas

  • Oleh Naco
  • 02 April 2021 - 13:55 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Komisi IV DPRD Kotawaringin Timur, Bima Santoso  menyebut, jalan yang ada di wilayah hukum Kotim ini minim  dari keberadaan rambu lalu lintas. 

Kodisi demikian disinyalir sebagai salah satu penyebab kecelakaan lalu lintas yang cenderung meningkat belakangan ini. 

Maka dari itu, kata dia, Dinas Perhubungan baik tingkat kabupaten maupun Provinsi Kalteng diminta untuk melengkapi hal tersebut. Termasuk juga pembatas jalan di areal tikungan berbahaya.

“Saya melihat petunjuk rambu masih minim, misalkan  jalan licin, area rawan kecelakaan, dilarang parkir dan lain sebagainya," katanya, Jumat, 2 April 2021.

Padahal, keberadaan rambu ini penting bagi pengendara sebagai petunjuk untuk hati-hati di jalan, baik pengendara roda dua dan  roda empat.

Menurut Politikus PKB Kotim ini, untuk jalan yang statusnya dikelola oleh pemerintah kabupaten, maka itu jadi bagian tugas dan tanggung jawab pemerintah kabupaten. Begitu juga status jalan lainnya sesuai dengan kewenangan masing-masing.

“Seperti halnya jalur HM Arsyad itu jalan milik pemerintah provinsi, hendaknya  itu dipasang rambu, karena ada sejumlah titik yang selalu terjadi kecelakaan lalu lintas," tegasnya.

Pemerintah, kata Bima, wajib menyediakan itu karena sudah menjadi amanat dari ketentuan perundang-undangan. Jika semuanya itu sudah ada dan masih tingginya angka kecelakaan maka bukan salahnya pemerintah tetapi sudah  faktor kesalahan manusia pengendara itu sendiri. (NACO/B-7)

Berita Terbaru