Aplikasi Pemetaan Suara & Manajemen Pemenangan Pilkada

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wali Kota: Ibadah Jumat Agung di Palangka Raya Aman

  • Oleh ANTARA
  • 02 April 2021 - 20:15 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wali Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, Fairid Naparin, mengatakan ibadah perayaan Jumat Agung di wilayah kota setempat berlangsung aman.

"Sampai saat ini semua berjalan lancar dan aman. Tidak ada laporan tentang gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat selama ibadah perayaan Jumat Agung," kata Fairid di Palangka Raya, Jumat.

Menurut dia, kondisi tersebut tercipta karena masyarakat di Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah ini selalu menjunjung tinggi rasa menghargai dan menghormati antarsesama.

"Itu juga sejalan dengan falsafah Huma Betang (rumah panjang) yang dianut masyarakat di Kalimantan Tengah. Artinya di tengah keragaman yang ada seluruh masyarakat tetap berdampingan, saling menghormati dan menghargai," kata Fairid.

Di sisi lain, kepala daerah termuda di Provinsi Kalimantan Tengah ini pun meminta masyarakat yang melaksanakan Ibadah Jumat Agung dan merayakan Paskah selalu menerapkan protokol kesehatan.

"Jangan sampai ibadah dan perayaan ini justru berdampak buruk karena menjadi klaster penyebar COVID-19," kata Fairid.

Sementara itu, Kepala Bidang Kesiapsiagaan dan Pencegahan Bencana, BPBD Kota Palangka Raya Heri Pauzi mengatakan dalam rangka mengantisipasi penyebaran COVID-19 selama ibadah Jumat Agung dan Paskah pihaknya terus melakukan pengawasan.

Selain itu, pemerintah "Kota Cantik" juga menetapkan sejumlah ketentuan dalam pelaksanaan Ibadah Jumat Agung seperti menerapkan pembatasan jemaat dan memastikan pengurus gereja menerapkan protokol kesehatan terhadap seluruh jemaat.

"Selain itu satgas dari kecamatan juga melakukan pengawasan secara berkesinambungan. Sementara satgas tingkat kota melakukan pengawasan dengan patroli keliling," kata Heri.

Sementara itu, Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo melalui Kabid Humas Kombes Pol K Eko Saputro mengatakan perayaan Ibadah Jumat Agung di Kalteng berlangsung aman.

"Sampai saat ini masih aman terkendali. Semoga kondisi ini terus terjaga. Aparat terus melakukan penjagaan dan kami harap masyarakat juga turut aktif menjaga kamtibmas bersama-sama," katanya.

ANTARA

Berita Terbaru