Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Warofen Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hadirnya PBS Harus Berikan Peluang Kerja Bagi Masyarakat Lokal

  • Oleh Naco
  • 03 April 2021 - 13:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kotawaringin Timur (Kotim), H Ary Dewar mengingatkan agar perusahaan besar swasta (PBS) di Kotim memberdayakan masyarakat lokal. 

Hadirnya PBS, kata dia, harus memberikan peluang kerja dan pemberdayaan bagi tenaga kerja lokal, dan ini juga menjadi pekerjaan rumah yang harus diperhatikan dengan serius oleh Pemkab Kotim.

"Banyaknya perusahaan-perusahaan di Kabupaten Kotim membuktikan bahwa kebutuhan dan roda perekonomian masyarakat di dunia kerja semakin meningkat," kata Ary, Sabtu, 3 April 2021.

Hal tersebut, kata dia, harus menjadi tantangan tersendiri bagi pemerintah kabupaten untuk mengimbanginya agar masyarakat lokal juga berkemban.

Ia juga mengatakan, jangan sampai masyarakat sekitar perusahaan malah sengsara. Pasalnya saat ini banyak permasalahan sengketa lahan yang ditemui antar masyarakat dan perusahaan.

"Saya harap perusahaan lebih memperhatikan masyarakat sekitar untuk diberdayakan, dan juga pemerintah setempat harus sigap mengawasi dan mendorong perusahaan agar melaksanakan tugasnya itu untuk menyumbang kemajuan daerah, apalagi kita ada payung hukum untuk itu," tegasnya.

Selain untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, ini juga dapat membantu menekan angka pengangguran di Kabupaten Kotim.

Terlebih lagi di saat pandemi Covid-19 ini banyak warga yang kehilangan pekerjaannya. Jangan sampai perusahaan justru melakukan PHK sehingga banyak mengorbankan warga lokal. (NACO/B-7)

Berita Terbaru