Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Banggai Laut Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Eks Sekolah Rakyat Akan Dijadikan Museum Kebudayaan, Bupati Kobar Cek Kepemilikan Aset

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 03 April 2021 - 19:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pemerintah Kelurahan Raja Seberang, Kecamatan Arut Selatan (Arsel) berencana menjadikan eks Sekolah Rakyat sebagai museum kebudayan. Hal itu pun mendapatkan dukungan dari Bupati Kotawaringin Barat, Nurhidayah.

"Kalau memang ada keinginan dari masyarakat dijadikan museum, akan kita pastikan dulu berkaitan masalah aset. Apakah aset pemerintah, kelurahan, atau milik individu," kata Nurhidayah, Sabtu, 3 April 2021.

Nurhidayah menyampaikan, pihaknya pernah membicarakan hal tersebut dengan Iwan Sunito selaku tokoh masyarakat Tionghoa asal Raja Seberang yang sekarang menjadi pengusaha properti di Australia.

"Dia juga pernah menyampaikan ingin berbuat untuk tanah kelahirannya. Bagaimana pun Iwan Sunito pernah berdomisili di Kotawaringin Barat, khususnya di Raja Seberang," ucap Nurhidayah.

Sementara itu, koordinasi dengan pihak terkait sejauh ini responya positif, namun karena pandemi covid-19 menjadi sedikit tersendat.

"Semoga pandemi Covid-19 ini segera berlalu dan program - program peningkatan sektor pariwisata termasuk infrastruktur pendukung dapat berjalan dengan baik ke depannya," harap Nurhidayah.

Di Kotawaringin Barat terdapat Kampung Pecinan di Kelurahan Raja Seberang. Kampung ini merupakan asal masalah pemukiman etnis China yang ada di Kobar. 

Bangunan arsitektur bergaya china itu masih terjaga keasliannya sampai sekarang ini. Disana juga terdapat bangunan tua yakni yang dikenal sebagai bekas tempat sekolah rakyat. (DANANG/B-11)

Berita Terbaru