Aplikasi Real & Quick Count & Arsip Form C1 Digital

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wali Kota Palangka Raya: Rencana Pembangunan Harus Terukur

  • Oleh Hendri
  • 04 April 2021 - 19:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin mengatakan, perencanaan pembangunan harus memenuhi unsur sistematis, terukur dan komprehensif untuk mencapai keberhasilan.

“Keberhasilan perencanaan, salah satunya diukur dari efektivitasnya. Ada empat indikator efektivitas, yaitu ketepatan waktu, ketepatan perhitungan biaya, ketepatan sasaran,” ungkap Fairid, Minggu 4 April 2021.

Meski begitu, di masa Pandemi Covid-19 ini, masih ada beberapa faktor penghambat yang harus diperhatikan. Yaitu penyesuaian program kegiatan dalam RPJMD dengan adanya bencana global.

"Perlu adanya sinkronisasi dan koordinasi antar OPD serta konsistensi dari semua elemen yang terlibat dalam perencanaan," kata dia.

Hal itu juga ditekankan dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) RKPD yang digelar akhir bulan lalu. Dia meminta agar rencana kerja disesuaikan dengan visi-misi dalam RPJMD.

Perencanaan harus dirumuskan secara transparan, responsif, efisien, efektif, akuntabel, partisipatif, terukur, berkeadilan, bertahap, terpadu dan berkelanjutan," pungkasnya. (HENDRI/B-5)

Berita Terbaru